Reportase Kursus: Kedatangan Tamu Dari Mamuju

Pagi itu, Natural Cooking Club gembira sekali menyambut tamu rombongan dari Ibu-ibu PKK Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat. Sebelumnya sudah diatur oleh manajemennya, bahwa hari itu mereka hendak belajar membuat kue kering untuk persiapan bisnis lebaran. Ini adalah kali kedua NCC (Natural Cooking Club) dipercaya oleh pihak PKK Kabupaten Mamuju menjadi tempat berlatih kuliner. Tahun yang lalu rombongan dari kabupaten yang sama berkenan belajar membuat Roti Manis & Donat.

Rombongan ibu-ibu ini sangat semangat sejak datang. Ketika kelas dimulai, pertanyaan-pertanyaan mengenai bahan baku yang disediakan sangatlah gencar. Terutama bahan baku pengganti supaya bisa disesuaikan dengan bahan baku yang mudah didapat didaerahnya.

Kelas dimulai dengan cara membuat kue Nastar. Kue kering klasik yang satu ini, dibuat langsung praktek bersama. Meskipun beberapa ibu sudah pernah membuat kue nastar, tapi kali ini mereka baru mengetahui persis takarannya yang benar. Model-model barupun langsung dipraktekkan. Sebagaimana layaknya ibu-ibu, mereka bekerja membuat nastar sambil berceloteh gembira menceritakan pengalamannya masing-masing. Saat itu juga mereka berniat untuk melakukan usaha kue kering lebaran secara berkelompok. Sungguh sangat menggugah semangat.

Pelajaran berlanjut dengan membuat kue kering Sagu Keju. Menggunakan spuit bintang nomor 4B, merekapun praktek masing-masing menyempritkan adonan diatas loyang yang sudah dialasi dengan baking paper.  Aroma kue kering memenuhi seluruh ruangan kursus, tentu saja  karena menggunakan Blueband Master Gold Margarine.  Dengan kandungan 30% mentega, margarine ini sudah tentu rasanya eksklusif dan mewah.

Selesai dengan sagu keju, dilanjutkan membuat Kaastengel. Ketika didemokan cara membuatnya, serentak para ibu berkata “Oooohhh, rupanya lebih praktis dengan cara seperti itu ya!”. Karena rupanya mereka biasa membuatnya dengan teknik yang lebih rumit.

Putri Salju, Lidah Kucing Mocca dan Lidah Kucing Keju, menyusul menjadi pelajaran berturut-turut hari itu. Hingg selesai pada pukul 14.30 mereka tetap semangat.

“Sampai jumpa tahun depan ya bu!”, demikian seru mereka ketika hendak meninggalkan tempat kursus setelah sebelumnya mengemas hasil praktek masing-masing. Semoga semua pelajaran hari ini menjadi manfaat.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment