Reportase Kursus: Cake Decorating Butter Cream Kembali Digemari

Setelah sempat beberapa masa terpinggirkan oleh Fondant, saat ini cake decorating buttercream kembali digemari oleh banyak orang. Dimulai dengan booming Korean Buttercream technik, maka serentak masyarakat penggemar cake decorating kembali peduli pada bahan yang berbahan baku mentega putih ini.

Kelas NCC Cake Decorating Dasar Buttercream program empat hari, merupakan jawaban dari kebutuhan penggemar teknik piping buttercream. Selama empat hari tercatat dalam modul pelajarannya sangat lengkap.

Dihari pertama peserta diberi pelajaran dasar. Mulai mencoba membuat bintang-bintang sampai bagus, baru kemudian naik pelajarannya membuat kerang-kerang (shell). Peserta kursus mengerjakan masing-masing pada dummy cake yang disiapkan sebagai latihan. Lanjut membuat standing shell, dan yang menarik adalah pelajaran membuat string work. Yaitu tali-tali menjuntai menggunakan buttercream. Pada latihan membuat string work ini, dibutuhkan konsentrasi tingga agar didapat tali yang melengkung indah alami tanpa putus. Pelajaran meningkat hingga membuat kerang koma, dan renda-renda disisi cake. Pelajaran berakhir hari itu dengan teknik menutup cake supaya halus dan cantik.

Hari kedua diselesaikan dua macam cake decorating. Disiang hari cake disiapkan bulat diameter 22cm, untuk dihias menjadi basket Wave cake. Para peserta kursus sangat takjub, “ternyata begitu ya cara membuat anyaman keranjang kue”, waa, ketahuan deh. Semangat sekali mereka mengerjakan tugas yang menyenangkann ini.

Hari ketiga adalah teknik menghias kue persegi empat. Kue yang memiliki sudut empat siku-siku, menjadi tingkat kesulitan tersendiri. “Ingat, buttercream harus tetap siku-siku, tapi kue-nya tertutup bagus, nggak boleh terlihat sedikitpun”, Fatmah yang menjadi instruktur kelas ini, mengingatkan.

Hari keempet diberikan pelajaran Frozen Buttercream Transfer. Teknik yang banyak membuat orang penasaran ini, dikerjakan masing-masing dengan seksama. Sementari dekor cake dibebaskan peserta memilih dari semua pelajaran yang sudah banyak diterima sejak hari pertama.

Sejak hari pertama sampai akhir, semua peserta memahami betapa sulitnya menghias kue menggunakan buttercream. Akan tetapi begitu menguasainya mereka menjadi sangat puas. Kemudahan meng-handle buttercream diketahui karena digunakannya Blueband White Cream Fat sebagai bahan baku utama pembuatan buttercream-nya.

Lihat hasilnya!, luar biasa bukan?!, siapa yang menyangka kue-kue ini buatan pemula.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

 

 

 

 

 

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment