Reportase Kursus: Ayo, Sekarang Giliran Kita Masak!

Jika, biasanya kita membuat kue, sekarang semangat ya ibu-ibu, hari ini giliran kita masak. Masak apakah itu? Aneka masakan ayam populer. Ada Ayam a laa KFC, Ayam Tulang Lunak dan Ayam Kremes a laa Suharti. Semua pelajaran sangat menarik dan enak sekali. Materi termasuk didalamnya adalah membuat sambel yang sedap.

Untuk mendapatkan hasil yang enak selalu gunakan ayam kampung ya!, pesan Fatmah Bahalwan yang menjadi instruktur dikelas ini sambil tetap mengaduk bumbu bersama potongan ayam yang sudah dicuci bersih dan diberi sedikit kucuran air jeruk nipis untuk menghilangkan aroma amis ayam.

Ayam Kampung, relatif lebih tipis daging dan lemaknya. Tetapi karena makanannya organik, didapat rasa dan yang lebih gurih dan khas. Rasa sedapnya akan lebih tajam lagi setelah ditambahkan KNORR Chicken Powder sebagai salah satu bumbunya. Ayam Kampung sangat cocok dibuat menjadi Ayam Tulang Lunak dan ayam Kremes.

Berbeda dengan dua resep diatas, pada Ayam A laa KFC justru tidak digunakan Ayam Kampung. Resep ini lebih cocok menggunakan ayam Broiler sebagai bahan bakunya. Tetap harus ditambahkan Knorr Chicken Powder sebagai penguat rasa gurih ayamnya. Tekstur daging ayam broiler yang empuk dan berlemak tebal, menjadi mudah diolah dan langsung digoreng tanpa harus diungkep terlebih dahulu. Cukup dilakukan proses marinate bersama bumbu-bumbu, kemudian dilakukan proses membalut tepung agar terlihat keriting sebagaimana ayam goreng tepung yang ada di mall-mall.

Menggoreng ayam a laa KFC harus dengan panas yg pas. Stabil pada suhu minyak goreng 160 derajat Celcius, dengan jumlah minyak banyak sehingga ayam digoreng terendam (Deep Frying). Untuk hasil paling bagus harus digunakan minyak padat Frytol, product unilever yang bisa dibeli ditoko bahan kue atau toko bahan baku masakan dipasar-pasar. Frytol akan menampilkan hasil gorengan yang garing, renyah dan hemat.

Peserta semua ikut praktek membuat ayam a laa KFC. Bagaimana membuat tepung bumbu yang benar, membalut ayam dengan tepung bumbu buatan sendiri dan langsung menggorengnya pada deep fryer yang sudah disiapkan.

Kursus berlanjut dengan praktek membuat kremesan ayam. Hampir semua peserta kursus baru kali itu melihat dan dapat praktek langsung membuatnya. Sedikit membutuhkan ketelatenan, tapi ketika berhasil membuatnya sungguh sangat membanggakan.(fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment