Reportase Kursus: Roti Dan Donat Yang Sangat Empuk

Belum juga kelas dimulai, sudah terdengar suara riuh para peserta kursus saling menceritakan bisnis rumahannya masing-masing. Dengan mata berbinar tiba-tiba Mega, salah satu peserta kursus berseru:”Bu Fat, alhamdulillah saya setiap hari sudah bisa terima pesanan Cake tape minimal lima loyang”, senang sekali mendengarnya. Langsung saja Lutfiah menyambung:”Bu Fat, Siomay dan Batagor saya juga laris manisss, saya buat dagangan frozen”, haiyaaa yang lain nyambung lagi: “Bu fat, empek-empek saya juga alhamdulillah laku banget”, masya Allah, alhamdulillah, semua laporan hasil belajar dikursus Natural Cooking Club (NCC) sangat memotivasi teman-teman lainnya yang belum berani mulai usaha. Sungguh awal kelas yang luar biasa baik.

Ayo, sekarang giliran belajar membuat roti ya!, Fatmah Bahalwan, yang pagi ini menjadi instruktur menghentikan obrolan yang makin seru untuk memulai pelajaran.

Apa sih bedanya Roti dan Donat?, terlihat semua siswa kursus berpikir keras. Baru serentak bersuara Oooo, setelah dijelaskan bahwa Roti dimatangkan dengan cara dipanggang sedangkan donat digoreng.

Kelas berlanjut dengan teori sukses membuat roti manis dan donat. Termasuk cara benar membentuk bulatan donat supaya bentuknya tetap cantik meskipun tanpa cetakan, dibahas habis.

Ada yang mau menguleni pakai tangan? Mauuuu, kata salah satu siswa. Oke, bahan-bahan disiapkan. Suasana menjadi lebih seru ketika balapan adonan selesai antara yang menggunakan mikser dan yang menguleni pakai tangan. Tentu saja adonan mikser menjadi lebih sempurna, meskipun adonan tangan juga tetap bagus. Satu hal yang tidak berbeda adalah penggunakan Blue band Master Cake Margarine, sebagai salah satu bahan utama pembuatan roti dan donatnya.

Setelah semua peserta praktek masing-masing pada proses dough rounding, mulailah pelajaran membuat model roti. Ada lima model roti diajarkan, mulai roti isi cokelat, roti isi keju, roti isi cokelat keju dan roti sosis. Tidak lupa salah satu peserta merekam pelajaran dengan video. Rekaman langsung diputar ulang ketika peserta diharuskan membuat roti masing-masing.

Setelah jadi rotinya, siapapun tidak lagi bisa melihat bedanya, karena semua donat dan roti bertekstur sangat empuk dan lembut.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

 Kuis:

  • Apa bedanya Roti, Donat dan Bakpaow?

Yuk ikutan kuisnya,  hadiahnya seru? ! 😀

 

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

One Comment

  • Reply
    February 7, 2017

    Saya ingin daftar dan bergabung untuk ikut ikut class memasak bagaimana caranya dan brapa biayanya

Leave a Comment