Reportase Kursus: Roti Unyil Berukuran Kecil

Mengapa disebut Roti Unyil? Tentu saja karena ukurannya kecil. Unyil, dalam bahasa daerah tertentu sering disamakan dengan ukuran yang sangat kecil. Sehingga ketika datang kreasi roti yang berukuran sangat kecil inipun kemudian populer disebut sebagai roti Unyil.

Bila roti pada umumnya dibuat dari adonan seberat 50 atau 60 gram, roti mini dibuat dari adonan seberat 30 gram, maka roti unyil paling berat dibuat dari adonan 10 gram saja. Inipun masih sering dianggap terlalu besar untuk ukuran Roti Unyil, karena pada beberapa outlet roti unyil ukuran yang dipasarkan masih lebih kecil lagi. Kemungkinan dibuat dari adonan seberat  5 s/d 8 gram saja.

Pada kelas Roti Unyil Aneka Model di Natural Cooking Club, diajarkan dua resep roti dasar. Pertama diajarkan membuat roti ekonomis, kemudian juga diajarkan resep roti premium. Diharapkan dari kedua resep ini, setiap peserta kursus dapat memperkirakan mau melakukan bisnis pada strata ekonomi mana pasarnya. Kedua resep ini tentu saja akan mendapatkan dua tekstur dan rasa yang berbeda. Roti premium pastilah lebih lembut dan enak. Sementara roti ekonomis meskipun tetap lembut dan enak, tapi tetap memiliki perbedaan. Satu hal yang menentukan aroma dan rasa yang sama adalah karena digunakan Blue Band Master Cake Margarine sebagai salah satu bahan baku utamanya.

Tak kurang dari enam belas model roti didemokan oleh Fatmah Bahalwan, yang kebetulan menjadi instruktur pada kelas ini. Setelah itu para peserta kursus praktek membuat model yang sama sendiri-sendiri. “Wah, tadi lupa membuat model roti mawar”, seru salah satu peserta kursus yang kemudian tekun membuka video rekamannya saat didemokan membuatnya. Ternyata, banyak model baru yang dihasilkan oleh peserta kursus saat praktek. Kebetulan hari itu ada Tim Dapur Park Hotel yang mengikuti kursus ini.

Seperti apa saja sih jadinya? Lihat deh pada foto-foto hasil kursus yang ada.

Nah, jangan lupa ya. Roti unyil selalu berukuran kecil. Dihitung yuk, bila satu resep menggunakan tepung terigu 500gram didapat 100 buah roti unyil, berapa banyak keuntungan yang bakal didapat? Jangan salahkan saya bila bisnis roti unyil akan membuat anda cepat kaya.(fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment