Reportase Kursus: Bergaya Dokter Bedah Di Kelas Ayam Kodok

Hidangan satu ini sungguh sangat istimewa. Apalagi bila disajikan dalam acara khusus keluarga yang istimewa. Tingkat kesulitan yang tinggi saat membuatnya jadi terlupakan.

Adalah ayam Kodok, sajian ayam cabut tulang yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan kodok. Ini adalah satu ekor ayam yang dikuliti sedemikian rupa sehingga seluruh isian daging dan tulang ayam tercabut, tinggal hanya kulitnya saja. Kulit kemudian diisi kembali dengan campuran daging ayam dan bahan lainnya sesuai resep, sehingga kembali kebentuk semula. Tidak lagi menyerupai Ayam, tapi lebih mirip dengan Kodok yang sedang berenang. Mungkin ini sebabnya sajian istimewa ini diberi nama Ayam Kodok.

Kursus yang dikerjakan secara Hands On (Praktek masing-masing) ini dimulai dengan membedah ayam. Setiap peserta kursus mendapatkan satu ekor ayam. Setelah diberi contoh bagaimana cara menguliti ayam secara seksama dan mudah, maka setiap peserta kursus mulai mengerjakan hal yang sama pada ayam masing-masing. Tidak heran sesekali ada suara jeritan kecil bila seseorang berhasil menguliti setiap bagian badan ayam. Lebih seru lagi bila ada yang robek. “Jangan khawatir, bila robek nanti bisa dijahit”, begitu Fatmah Bahalwan yang saat itu menjadi instructur menghibur para siswa. Jadilah setiap orang bekerja layaknya dokter bedah sedang mengoperasi pasien.

Setelah berhasil mendapatkan kulit ayam utuh tanpa tulang, dilanjutkan mengisi badan ayam dengan adonan. Waaah, sungguh menjadi pengalaman luar biasa untuk setiap peserta. “Biasanya saya pesan, kali ini bangga sekali dapat membuatnya sendiri”, kata salah satu peserta kursus.

Sementara ayam dalam proses pematangan, dikukus dan di-oven. Peserta kursus diajak menyiapkan tampah dan hiasan daun sebagai wadah saji ayam kodoknya. Merupakan pengalaman tambahan yang sangat bermanfaat apalagi ini juga dikerjakan masing-masing.

Sajian istimewa ayam Kodok lengkap dengan setup sayuran, saus steak dan Rollade tidak lama kemudian berjajar dengan cantiknya.

Ayam kodok baru akan terasa lezaat dan enak bila dinikmati dengan Brown Saus yang dibuat dengan Knorr chicken Powder sebagai salah satu bumbu penyedap utamanya. (fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

 

Kuis:

  1. Materi apa saja yang diajarkan pada kelas Ayam Kodok NCC?
  2. Produk UFS apa saja yang digunakan?

 

Yuk ikutan kuisnya,  hadiahnya seru? ! 😀

Quiz Blue band master2

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment