Reportase Kursus: Loreng-Loreng di Kulit Bolu Gulung

Bolu gulung saat ini sedang sangat populer. Mulai dari bolu gulung batik, bolu gulung mini, bolu gulung karakter, sampai bolu gulung yang dibentuk menjadi pisang dan aneka buah lainnya membanjiri pasaran kuliner kue Indonesia. Sungguh luar biasa. Ada satu bolu gulung yang sebetulnya bukan model baru, ini model lama tapi tetap populer tak lekang oleh waktu. Adalah Tiger Roll Cake, atau bolu gulung tiger. Bolu gulung berkulit loreng ini tetap mencuri perhatian diantara populernya beragam bolu gulung model baru saat ini.

Natural Cooking Club (NCC), secara periodik menyelenggarakan kursusnya tiga sampai empat bulan sekali. Tentu saja dalam kelas ini akan berisi siswa yang semangat dan penuh dengan pertanyaan “mengapa bisa berkulit loreng?”.

Kelas dimulai dengan membuat bolu gulung aneka rasa terlebih dahulu. Bolu gulung cokelat, bolu gulung pandan mini, Black Devil Roll Cake dan Red velvet roll cake. Sehingga hadir bolu gulung beragam warna, coklat, hijau, coklat gelap dan merah. Semua sudah digulung rapi untuk siap diberi kulit Tiger. “lho, jadi kulitnya terpisah ya Bu Fat?”, beberapa siswa mulai bisa memahami mengapa bisa kulit dan bolu gulungnya berwarna beda. Warna-warni bolu gulung yang sudah siap ini bertekstur sangat halus, lembut, beraroma wangi dengan rasa yang sangat enak. Tidak heran karena menggunakan Blue Band Master Cake Margarine sebagai salah satu bahan bakunya.

Pengerjaan kulit Tiger relatif lebih cepat dibanding membuat bolu gulungnya. “Ingat, api oven harus tinggi suhunya boleh sampai 225’C, dengan waktu panggang sangat cepat”. Tidak lebih dari setengah jam, 6 lembar kulit Tiger selesai dipanggang.

Setelah diselingi dengan acara istirahat makan dan sholat, finishing Bolu Gulung yang berkulit loreng-pun dilanjutkan. Hasilnya? Luar biasa!.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

 

Kuis:

  1. Berapa suhu oven diperlukan untuk mendapatkan motif loreng
  2. Blue Master Margarine jenis apa yg digunakan dalam resep bolu gulung.

Yuk ikutan kuisnya,  hadiahnya seru? ! 😀

 

Quiz Blue band master2

About the author  ⁄ NCC Indonesia

Comments are closed.