Reportase Kursus: Lapis Surabaya Untuk Kue Tart Fondant

Kue apa sih yang cocok digunakan sebagai bahan dasar kue tart? Sponge cake paling cocok. Sayangnya sponge cake terlalu empuk ditutup dengan Fondant, kue tart menjadi agak meleyot. Nah, Lapis Surabaya dapat dijadikan sebagai pilihan kue untuk ditutup dengan fondant. Teksturnya cukup kokoh, dengan rasa yang masih lumayan ringan. Apalagi bila menggunakan Blue Band Master Margarine sebagai salah satu bahan bakunya, Lapis Surabaya yang didapat akan menjadi  semakin kokoh dan takkan berubah bentuk ketika dihias dengan Fondant.

Pada kelas Fondant Cake Decorating di Natural Cooking Club (NCC), Lapis Surabaya selalu dijadikan sebagai bahan dasar kuenya. Kue yang menggunakan banyak telur ini dikelas akan dirapikan bentuknya, dihilangkan sudut siku-sikunya. Semua ini dikerjakan langsung oleh peserta kursus dalam praktek masing-masing. Karena fondant tidak ‘suka” dengan sudut siku-siku, menyebabkan lembarannya mudah robek. Ketika sudah rapi bentuknya, Lapis Surabaya akan segera dipoles butter cream tipis-tipis terlebih dahulu agar fondant dapat melekat kuat.

Setelah dikenalkan dengan sifat fondant dan cara memperlakukannya dengan benar, peserta kursus kemudian dibolehkan mengukur jumlah fondant supaya cukup untuk menutup cake-nya masing-masing. “Gunakan alat ukur yang mudah saja, supaya kita didapur tidak kehilangan mood”, demikian dicontohkan oleh Fatmah Bahalwan yang pada kesempatan itu menjadi instrukturnya. Setelah itu Fondant boleh diwarnai sesuai pilihan masing-masing.

Hampir semua peserta kursus mengaku belum pernah mengenal fondant, apalagi meng-handle-nya secara benar. Tapi setelah mengikuti kursus sehari ini, lihatlah hasil karya mereka. Bagus bukan?. Bukan cuma bagus tapi bagus sekali. Siapapun tak akan percaya bila itu adalah hasil karya pemula.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment