Reportase Kursus: Butter Cake Cocok Untuk Membuat Cupcake

Kelas Cake Dasar, selalu dipenuhi oleh peserta kursus yang semangat sekali ingin mengetahui cara sukses membuat cake. Tidak salah lagi, karena dikelas ini dibahas habis banyak sekali pengetahuan mulai mengenal adonan sponge Cake, butter Cake, cake irit telur, cake banyak telur dan cake yang dikukus selain yang dipanggang.

Kelas dibuka dengan pembahasan tentang sponge cake. Mulai mengenal bahan. Memodifikasi resep dan pengolahan yang benar. Disusul dengan teori tentang Butter Cake. Cara sukses membuat butter cake dan cara memodifikasinya, sangat lengkap.

Satu hal yang baru diketahui adalah Butter cake sangat cocok dijadikan bahan dasar pembuatan Cup Cake. Berbeda dengan adonan sponge cake yang bila dijadikan sebagai bahan dasar cup cake, jadinya cupcake cenderung cekung, karena kelembutannya. Butter cake akan menghasilkan cupcake yang menggunung (dome). Karena tekstur butter cake yang relatif padat sehingga cup cake yang dihasilkanpun menjadi lebih cocok. Sama halnya pada Butter cake dua telur, meskipun teksturnya lebih lembut, tapi juga sangat cocok dijadikan bahan dasar cupcake.

Kelas kemudian dilanjutkan dengan demo membuat Lapis surabaya dan Bolu gulung. Kedua resep ini termasuk golongan cake dengan banyak telur. Penggunaan telur yang banyak dan sedikit tepung, membuat teksturnya sangat lembut dan lentur, sehingga digulung dia nurut.

Hasil cake yang lembut sempurna tentu tidak lain karena danya Blue band master cake Margarine yang menjadi bahan baku utamanya. Kelembaban yang terjaga dan aroma harum keluar juga tak lain karena bahan margarine yang sudah sangat dipercaya selama puluhan tahun ini.

Resep terakhir yang dibahas adalah Brownies kukus lapis cokelat. Merupakan jenis sponge cake yang dimatangkan dengan cara dikukus. (fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment