Reportase Kursus: Bakwan Malang Hidangan Segala Waktu

Resep bakso Malang pada kursus di kelas Bakso dan Bakwan Malang yang satu ini bisa dengan mudah dibuat di rumah, baik sebagai hidangan pembuka, penutup ataupun sebagai camilan dan penghangat tubuh disaat hujan dan cuaca yang dingin. Walau disebut bakso Malang atau pentol Malang, tapi makanan khas Jawa Timur ini banyak juga ditemui di kota-kota lain selain Malang, bahkan sudah menyebar di penjuru tanah air.

Berbeda dengan bakso pada umumnya yang biasanya berisi campuran bakso halus atau bakso urat dan mi kuning atau mi putih, Bakso dan Bakwan Malang memiliki pilihan isian seperti bakso halus, bakso urat, bakso goreng, pangsit goreng, siomay dan tahu. Sementara kuahnya merupakan kaldu hasil rebusan tulang-tulang dan tentu saja karena ditambahkan Knorr Chicken Powder  yang membuat rasanya menjadi lebih gurih, segar, dan menambah kelezatan. Tidak ketinggalan, taburan bawang goreng dan daun bawang ikut menebar aroma harum yang menggugah selera.

Dalam perkembangannya saat ini  isian Bakwan Malang semakin bertambah dengan adanya adonan daging yang dibungkus dengan kulit pangsit yang kemudian digoreng menjadi pangsit goreng. Bakso goreng yang bulat, gembung dan kopong, siomay dan ada juga bakso tahu yang dikukus. Sebagai pelengkap, bisa ditambah dengan mi atau bihun, saus cabai, saus tomat, dan kecap.

Nah para peserta kursus dilibatkan aktif praktek membuat aneka isian Bakwan Malang ini yang berlangsung di Toko Jojo. Sehingga setiap peserta akan mudah mengingat saat mempraktekkannya kembali dirumah masing-masing.  (ea)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master

About the author  ⁄ NCC Indonesia

One Comment

  • Reply
    nanang
    July 17, 2016

    Ada nggak tempat kursusnya di Malang
    Tlg infonya dong . 085375211838

Leave a Comment