Reportase Kursus: Bunga Mawar Ranunculus Menjadi Tokoh Utama

Buttercream cake decorating, menjadi meriah kembali setelah beberapa waktu lalu decorating cake dikuasai oleh fondant. Ini karena datangnya teknik baru yang mengusung nama Korean Butter Cream cake Decorating. Tentu saja NCC (Natural Cooking Club) menyambut hiruk pikuk teknik baru ini dengan suka cita. Maka kemudian kelas-kelas cake decorating dengan judul Korean Buttercream Flower dibuka dan alhamdulillah mendapatkan sambutan yang meriah pula dari para penggemarnya.

Layaknya musim bunga pada kelas ini. Setiap siswa kursus harus membuat lebih dari 15 buah bunga sesuai yang diajarkan. Jenis bunga yang diajarkan ada tiga macam yang utama yaitu Ranunculus, Daisy dan Blossom.Selebihnya adalah bunga-bunga kecil, kuncup dan daun.

Bunga Ranunculus, sekilas mirip sekali dengan Mawar. Meskipun sebenarnya bunga ini tidak masuk dalam keluarga mawar. Konon bunga ini masuk dalam species buttercup flower. Kelopak bunganya persis dengan bunga mawar, namun lebih melengkung kearah dalam. Cantik sekali. Sehingga tidak heran Tip atau Spuit yang digunakan juga mirip spuit mawar, namun melengkung sedikit kearah dalam sehingga setiap digunakan untuk membuat kelopak bunga butter cream, akan mirip seperti kelopak bunga Ranunculus segar. Setiap siswa harus praktek masing-masing membuatnya. Bunga inilah satu-satunya yang menjadikan banyak orang penasaran dan ingin sukses membuat. Layaknya tokoh utama, Ranunculus menjadi bunga yang mendominasi rangkaian dekorasi cake yang disiapkan

Buttercream yang digunakan pada kelas inipun khusus, yaitu menggunakan resep Swiss Meringue. Membuat swiss meringue sedikit lebih rumit, karena harus memasak gula khusus yang panasnya harus dijaga sampai persis pada 116 derajat Celcius. Tentu ini menjadi pelajaran yang sangat diperhatikan para siswa. Hasil jadi buttercream menjadi kokoh karena digunakan Blue band White Cream Fat, yang adalah salah satu produck Blue band berupa mentega putih.

Kelas yang berjalan sejak pukul 09.00 dipagi hari, selesai dengan baik pada pukul 15.00 disiang hari. Semua siswa meninggalkan kelas dengan rasa gembira membawa hasil karya masing-masing.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

Kuis: 

Blueband apa yang dipakai untuk membuat “Buttercream”?

Yuk ikutan kuisnya,  hadiahnya seru? ! 😀

Quiz Blue band master2

About the author  ⁄ NCC Indonesia

One Comment

  • Reply
    Nila nirmalasari
    May 15, 2016

    Blue band white cream fat

Leave a Comment