Reportase Kursus: Mau Pie Renyah atau Pie Lembut?

Ketika saya mencoba mencari jawab mengenai definisi Pie itu?. Saya menemukan jawaban sebagai berikut : “”American Pie” adalah sebuah lagu rock yang panjangnya delapan setengah menit karya penyanyipengarang lagu Don McLean, tentang “hari ketika musik mati” (Wikipedia) .Ahahaha, sama sekali bukan ini yang saya maksud. Karena pie yang sedang saya cari jawabannya adalah snack yang terbuat dari kulit yang pada umumnya berbentuk seperti mangkuk atau piring, kemudian diberi beragam pilihan isi. Ada yang isinya manis dan ada pula yang asin.

Selalu ada pilihan renyah dan lembut ketika hendak menyantap Pie. Bagaimana sebetulnya cara mendapatkan kedua tekstur pie yang dikehendaki? Pada kelas Aneka Pie di Natural Cooking Club (NCC), perihal ini dibahas dengan diskusi yang menyenangkan. Ditemukan cara mendapatkan kulit pie yang renyah adalah dengan cara mengadon cukup sampai berbutir-butir saja, gunakan air es, dan margarie dingin. Tambahkan kuning telur bila ingin kulit pie yang lembut, dan abaikan telur bila ingin kulit pie yang renyah.

Ada satu tips lagi untuk mendapatkan kulit pie renyah, yaitu panggang kulit pie terlebih dahulu, setelah matang baru diberi isian, atau panggang bersamaan dengan mematangkan isiannya, untuk mendapatkan pie dengan kulit lebih lembut.

Maka kemudian dibuatlah aneka ragam pie sesuai dengan resep yang dipelajari. Pie Susu yang sangat enak, menggunakan teknik panggang bersama kulit dan isi. Demikian juga dengan Quiche Lorraine, jenis pie asin yang sangat terkenal ini, menggunakan juga teknik panggang bersama kulit dan isi. Sementara Fruit pie, menggunakan teknik memanggang kulit terlebih dahulu, baru kemudian diberi isian dan aneka buah segar sebagai topping.

Satu pie yang unik adalah Chiffon Pie, yaitu jenis pie yang tidak dipanggang, tapi justru dibekukan. Isian yang sangat lembut dan halus mengingatkan kita pada kelembutan kain chiffon.

Keempat Pie dibuat bersama secara Hands On atau praktek masing-masing, sehingga setiap peserta dapat merasakan tekstur berbeda pada setiap resep. Satu-satunya bahan yang pasti sama adalah Margarine Blue Band yang digunakan untuk hasil yang sempurna.

Nah, sekarang tinggal pilih mau pie renya atau pie lembut?. (fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

Kuis: 

  1. Bagaimana cara mendapatkan kulit pie yang renyah?

Yuk ikutan kuisnya,  hadiahnya seru? ! 😀

Quiz Blue band master2

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment