Reportase Kursus: Selalu Ada Kulit dan Isi dalam Snack Asin

Baiklah, saat ini giliran kita membahas tentang snack asin yang populer sepanjang masa. Dari hasil penelitian ada beberapa snack asin yang selalu ada dalam setiap acara. Sebut saja Lemper, arem-arem, kroket, pastel dan sosis solo (masih ada lagi varian terpisah adalah risoles), hampir selalu ada dalam sajian snack box ataupun snack yang disajikan diatas meja. Meskipun saat ini banyak varian snack asin model baru, tapi snack asin yang disebut tadi tetap setia menemai. Tak pernah kuno.  Justru menjadi snack yang dirindukan banyak orang.

Kelas Aneka snack asin di Natural Cooking Club, mengajarkan cara membuat lima macam snack yang populer ini. Tapi coba perhatikan!. Snack asin selalu terdiri dari kulit dan isi. Lemper misalnya berkulit nasi ketan. Arem-arem berkulit nasi gurih. Kroket berkulit puree kentang, pastel berkulit adonan tepung terigu dan sosis solo berkulit crepes.

Oleh sebab itu kelas dimulai dengan membuat Nasi ketan gurih, dilanjutkan dengan membuat nasi gurih untuk kulit arem-arem. Setelah itu konsentrasi membuat isian lima macam snack yang akan dibuat. Karena Bila isian sudah siap, maka pekerjaan membuat snack menjadi lebih cepat.  Dengan menambah Knorr Chicken Powder pada setiap memasak bahan isian snack, maka didapat isian yang rasanya gurih tajam alami. Sangat lezaat. Tak urung beberapa peserta kursus berujar canda “Wah, kayaknya nggak usah bikin snack nih. Langsung siapkan nasi hangat pasti enak sudah siap lauknya!”.

Sejenak kemudian peserta kursus mulai praktek masing-masing membuat lemper dan  membuat arem-arem sampai selesai. Berlatih membungkus lemper dan arem-arem yang cantik dan singset merupakan tantangan tersendiri buat para peserta. Mengendalikan daun pisang agar nurut saat ditekuk dan dilipat sungguh sangat menyenangkan. Demikian juga menyemat dengan lidi lancip. Seru sekali. Setiap peserta menjalani praktek ini dengan gembira.

Nah, saatnya membuat kroket. Digunakan kentang tes yang digoreng kemudian dihaluskan. Tapi itu sungguh sangat repot membuatnya. Mau praktis? Siapkan saja Knorr Mashed Potato, lalu seduh dengan air hangat dengan perbandingan 1:4 antara mashed potato dengan air, aduk rata. Maka kulit kroket siap dalam sekejap tanpa repot goreng dan menumbuk. Kroketpun jadi cantik dan anti meletus saat digoreng. Mudah sekali !.

Siap melakukan bisnis snak asin?! Jangan ragu karena bisnis snack asin ini tak pernah mati.(fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

Kuis: Berapa perbandingan tepung kentang  paling pas untuk membuat kulit kroket?

Yuk ikutan kuisnya,  hadiahnya seru? ! 😀

Quiz Blue band master2

About the author  ⁄ NCC Indonesia

Comments are closed.