Reportase Kursus: Ingat, Putih Telur Harus Bersih Total

Pada pembuatan Butter Cake, yang menggunakan teknik memisahkan putih dan kuning telur. Syarat agar putih telur bisa kaku saat dikocok adalah: Putih telur harus bersih. Tidak boleh ada satu tetespun kuning telur. Satu tetespun air ataupun minyak. Wadahnya harus bersih, alat yang digunakan juga harus bersih. Dengan demikian putih telur akan dapat terkocok kaku sempurna.

Cake Dasar - 8 Mendapatkan putih telur yang bersih harus dimulai dengan cara memecahkan telur dengan benar. Pertama retakkan kulit telur sedemikian rupa, jaga agar retakan kulit telur teratur, yaitu lurus melingkari telurnya. Letakkan jari pada dua sisi retakan berlawanan, kemudian buat gerakan menekan supaya kulit telur pecah terbelah dua dengan posisi sulit telur sebelah ditangan kanan dan sebelah lain ditangan kiri. Miringkan sedikit supaya putih telur tertuang kedalam mangkok, sementara kuning telur tetap tertahan didalam kulit telurnya. Bila perlu kuning telur dipindahkan kedalam separoh kulit telur ditangan lain, agar putih telur tertuang habis. Bila step ini dikerjakan dengan benar, pasti akan didapat putih telur yang bersih dan memenuhi persyaratan untuk dikocok kaku.

Pelajaran diatas merupakan salah satu dari banyak sekali pelajaran dasar membuat cake lainnya yang ada pada kelas Cake Dasar di Natural Cooking Club (NCC). Dibahas dan dipraktekkan bagaimana sukses membuat Sponge Cake, Lapis Surabaya, Roll Cake, dan Brownies kukus. Sangat lengkap untuk memenuhi materi dasar sesuai dengan target instruksional umumnya yaitu agar setiap peserta kursus dapat memahami cara benar membuat kue dan dapat mempraktekkannya dirumah.

Bahasan yang paling seru adalah “mengapa gagal” membuat kue?. Setiap peserta dapat megerti kemudian sebabnya setelah mengikuti kelas Cake Dasar ini dari awal hingga akhir. Karena 6 macam cake yang dibuat mewakili beragam teknik dasar yang harus dikuasai, dan menjawab semua masalah yang biasa dihadapi didapur peserta.

Pada kesempatan ini juga dikenalkan beberapa produk Margarine Blue Band. Ada Blue Band Master OriginalBlue Band Master cake Margarine, dan Blue Band Master Gold Magarine. Karena produk ini pula yang digunakan untuk membuat semua cake yang didemokan sehingga didapat tekstur dan aroma cake yang sangat sempurna. (fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

Kuis :

Berapa gram ukuran standard putih telur untuk tiap butirnya?

Yuk ikutan kuisnya,  hadiahnya seru? ! 😀

Quiz Blue band master2

About the author  ⁄ NCC Indonesia

Comments are closed.