Reportase Kursus: Serba Cokelat di Kelas Cake Internasional

Tahukah anda, bahwa Indonesia termasuk negara penghasil cokelat terbesar ketiga didunia? Nah, saatnya belajar tentang cokelat lebih dalam pada kelas Cake Internasional Populer di Natural Cooking Club (NCC). Karena dikelas ini pelajaran cokelat dimulai dari membuat cake cokelat. Membuat hiasan cokelat beragam model. Mengenal peralatan mengolah cokelat. Membuat chocolate ganache, untuk dekorasi dan, untuk siram. Lalu finishing, artinya menghias cake cokelat hingga tampil sangat mewah seperti kue yang terpajang di Bakery atau Boutiq cake terkenal.

Cake yang dibuat mulai dari Black Forest, menyusul Devil’s Food Cake, Sacher Torte dan Opera cake. Apakah ada yang berasal dari Indonesia? Tidak ada. Itu sebabnya kelas dinamakan cake Internasional.

Menyusul dijelaskan tentang proses benar mengolah cokelat. Mengapa ada cokelat couverture dan cokelat compound. Mengapa harus ada proses tempering. Termasuk juga dijelaskan tentang dairy whipped cream dan non dairy whipped cream. Juga salted butter dan unsalted butter. Satu persatu bahan yang digunakan pada hari itu dijelaskan fungsinya.

Diperagakan kemudian membuat cokelat wafer. Membuat cokelat hiasan yang menggunakan chocolate transfer sheet , stencil dan chocolate belt. Semua pelajaran dipenuhi dengan cokelat. Bisa dimengerti mengapa cake dengan hiasan cokelat berharga mahal. Karena prosesnya memang rumit. Mulai membuat cake-nya, lalu membuat filingnya, membuat hiasannya dan terakhir menyatukan semua bahan itu menjadi sebuah cake yang tampil mewah.

Cake cokelat pada Black Forest dan Devil’s Food Cake, meskipun sama-sama sponge cake tapi keduanya memiliki tekstur dan citarasa yang berbeda. Sedangkan Jaconde Cake yang digunakan untuk membuat Opera Cake adalah jenis sponge cake yang menggunakan almond bubuk sebagai salah satu bahan bakunya. Sacher Torte merupakan satu-satunya cake cokelat yang bukan sponge. Sacher memiliki tekstur yag lebih kokoh tapi rasa cokelatnya paling tajam. Setiap cake memiliki citarasa yang berbeda. Hanya satu yang sama yaitu penggunaan Blue Band Master Cake Margarine sebagai bahan bakunya. Sehingga didapat kelembaban cake yang pas.

Kelas yang berjalan mulai pukul 09.00, berakhir pada pukul 14.30, menyisakan kepuasan yang luar biasa pada setiap peserta. Mereka langsung dapat memahami cokelat dengan baik. Kue-kue cokelat kelas duniapun terbagi rata.(fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

2 Comments

  • Reply
    Azah
    October 24, 2015

    I am interested to attend your bika Ambon class. Plse let me know about your culinary class for month of December.

    Many thanks
    mdm Aziza

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 22, 2015

      Hi Azizah, jadwal desember sudah kami tayangkan, silakan dilihat. Mudah-mudahan ada yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sampai ketemu, in syaa Allah.

Leave a Comment