Reportase Kursus: mengapa “Cake Internasional”?

Seorang peserta kursus bertanya:”Bu Fat, kenapa sih namanya cake internasional?”, ya habis bagaimana? Kalau namanya “Cake Nasional” pasti saya akan dimarahi banyak orang. Mengingat semua cake yang dibuat pada kelas ini adalah cake yang terkenal diseluruh dunia. Bahkan asal kuenya juga bukan dari negeri kita. Lihat saja materinya, ada Opera Cake, Devil’s Food, Sacher Torte dan Black Forest. Keempat kuenya ini sama sekali bukan kue Indonesia.

Black Fores merupakan cake yang tidak pernah kuno. Kue kaya cokelat yang sangat populer pada tahun delapan puluhan ini terdiri dari lapisan sponge cake cokelat yang diberi filling cream dan cherry hitam, dihias cokelat serut dan diberi hiasan cherry merah, selalu hadir dalam acara apa saja, kapan saja dan dimana saja. Menjadi salah satu materi kelas Cake Internasional di Natural Cooking Club (NCC). Diberikan pelajaran lengkap mulai membuat sponge cake cokelatnya. Membuat cokelat wafer atau cokelat pagar untuk hiasan cantik disisi-sisinya. Juga lengkap dengan teknik menyerut cokelat menggunakan beragam alat. Jangan heran bila kemudian banyak suara “Oooo…” panjang ketika didemokan teknik mnyerut ini. Maka jadilah Black Forest yang sangat cantik, layak jual, karena tampilannya lebih cantik dari yang ada di Bakery-bakery.

Devil’s Food, Sacher Torte dan Operas cake menyusul satu persatu dideokan mulai membuat cake-nya, membuat chocolate ganache poles dan chocolate ganache siram. Jadi untuk siap disiram dengan chocolate, cake harus dipoles dulu hingga rapi. Karena cokelat leleh hanya akan mengikuti bentuk kuenya saja. Bila kuenya geradakan maka setelah disirampun akan geradakan. Bila ingin licin dan cantik, maka sebelum disiram harus dipoles licin terlebih dahulu.

Belum cukup itu saja. Materi juga dilengkapi dengan membuat hiasan cokelat yang menggunakan chocolate transfer sheet (Transfer image), chocolate stancil, dan juga chocolate belt. Lengkap sekali. Sehingga pada kelas ini dipelajari dan dihasil kue yang serba enak tingkat internasional. Mengapa bisa demikian? Karena digunakan Blue band Master cake Margarine sebagai salah satu bahan baku pembuatan cake-nya.

Nah, ketahuan kan mengapa kelasnya namanya seperti itu.

Tetap ingin tahu mengapa disebut kelas cake internasional?  Supaya lebih jelas Ikuti saja deh kelasnya! . (fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

One Comment

  • Reply
    loyang
    October 1, 2015

    salam sukse kami pengrajin loyang menerima pesanan berbagai mcam alat bakery n cake minat call/sms 081219823539.

Leave a Comment