Reportase Kursus: Frozen Food

Suka makan Chicken Cordon Bleu atau Ekkado di restoran? Ternyata kita bisa membuat sendiri loh, persis seperti di restoran, bisa dijual dan bebas bahan pengawet. Yuk, intip sejenak kursus Snack Goreng Istimewa (Frozen Food) di NCC. Kursus kali ini berlangsung di Toko Jojo, Bintaro dengan materi: Chicken Drum Stick, Chicken Cordon Bleu, Ekkado dan Chicken Nugget.

IMG_20131206_130027 IMG_20131206_125901

Chicken drum stick, bentuknya lucu, enak dijadikan lauk bersama nasi putih ataupun french fries. Bikinnya mudah kok, apalagi sekarang di supermarket dijual juga sayap ayam yang sudah dipotong bagian ketiaknya ini. Gunakan sayap ayam yang berkualitas bagus, lalu potong, ambil bagian yang banyak dagingnya. Kerat urat ujungnya, kumpulkan daging ayam pada bonggol sendinya sedemikian rupa sehingga bentuknya menjadi seperti drum stick. “Jangan cuma melihat saja ya, ayo dipraktekkan,” begitu komando dari bu guru melihat peserta yang terpana, hihihi.

IMG_20131206_122828 IMG_20131206_131957

Selanjutnya membuat Chicken cordon bleu, makanan siap saji paling enak, karena ada lelehan keju di dalam gulungan ayamnya. Chicken cordon bleu terbuat dari fillet dada ayam tanpa tulang yang dilipat atau digulung dan diisi dengan lembaran daging asap, serta keju, kemudian digoreng. Variasi chicken cordon bleu ini sebenarnya cukup banyak, bisa ditambahkan sayuran, seperti bayam dan sayuran lainnya. Cara membuatnya sangat mudah, yakni belah dada ayam menjadi dua bagian sehingga berbentuk seperti kupu-kupu, kemudian tata daging asap dan keju di atasnya. Selanjutnya dada ayam digulung, dilumuri tepung panir dan digoreng dalam minyak yang banyak. Bahan dan caranya sederhana sekali, bisa dikerjakan dalam 45 menit termasuk waktu yang dibutuhkan untuk menggoreng.

Untuk membuat Ekkado, dibutuhkan kulit tahu yang berkualitas bagus, tidak mudah sobek dan lentur. Setelah bahan dicampur semua, kemudian dibentuk dan dikukus, dinginkan dan disimpan di kulkas, siap digoreng sewaktu-waktu dibutuhkan. Pesan bu guru, kulit kembang tahu sudah asin, jadi hati-hati ya menambahkan garamnya.

IMG_20140831_131724 IMG_20140831_130205

Resep terakhir yakni Nugget Ayam, berbahan dasar daging ayam giling. Jika suka, bisa ditambahkan sayuran dan keju agar lebih sehat dan bervariasi. Bentuknya pun ngga melulu hanya kotak, atau bentuk stick saja, tapi juga bisa menggunakan cookie cutter agar tampilan lebih menarik. Membuat sendiri dirumah tentunya lebih enak, sehat dan higienis. Yang lebih menyenangkan lagi resepnya mudah dan bahannya mudah didapat.

Biar lebih mantap rasanya, gunakan Knorr Chicken Powder pada setiap bumbu yang digunakan.

Semua makanan di atas bisa disimpan dalam freezer loh… Saat akan dimakan, tinggal dikeluarkan, thawing sebentar, lalu siap digoreng. Mudah, kan? (eas)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master

 

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

One Comment

Leave a Comment