Reportase Kursus: Cake with Fresh Fruits

Laporan kursus kali ini beda loh dengan yang kemarin-kemarin, yaitu Cake With Fresh Fruits. Yihi.. Materi kelas ini adalah cake-cake yang menggunakan buah-buahan dan sayuran segar sebagai salah satu bahan utama, bukan sekedar hiasan ataupun filling saja seperti umumnya cake biasa. Hasilnya, diperoleh cake-cake super moist yang lembuuut di lidah, tanpa menggunakan lemak lebih banyak. Cake berbahan segar seperti ini populer di dapur-dapur hotel dan cafe kelas atas, yang mementingkan kualitas di atas harga ekonomis, dengan pangsa pasar yang juga spesial. Siap belajar?

Bu guru Eka Arei Shanti yang mengajar kelas ini di Toko Jojo Bintaro, mengajarkan membuat Red Velvet Cake, Carrot Cake, Orange Cake dan Avocado Mousse Cake. Diajarkan mulai dari membuat cake, membuat cream chese untuk frosting dan mousse, hingga bagaimana cara menyusunnya (assembling) dan menghiasnya menjadi cake besar maupun mungil yang rapi dan terlihat professional. Cake-cake ini tidak hanya dapat dijadikan alternatif cake untuk dicoba dirumah, jika sudah bosan dengan cake-cake yang kaya lemak, namun juga bisa menjadi produk andalan jualan yang bagus profitnya.

IMG_20141115_144517 IMG_20141115_144510

Red Velvet Cake merupaka cake populer yang cantik dan lezat. Cake berwarna merah dari buah bit yang super moist karena menggunakan buttermilk dan berlapis krim keju.

Carrot cake, cake sayuran yang satu ini memakai wortel dan tambahan rempah yang membuat aroma harum menyebar saat dipanggang. Walaupun menggunakan wortel, cake ini tidak langu loh, beneraaan.. Enak sekali, apalagi dengan frosting cream cheese dengan lemon yang segar.

IMG_20141115_144452Satu lagi yang tidak kalah enaknya adalah Orange Cake, paduan cake dengan jus orange dan parutan kulit jeruk, memberikan rasa dan aroma jeruk asli yang segar.

Cake terakhir yang dibuat adalah Avocado Mousse Cake. Hati-hati dengan cake satu ini, sekali suap pasti mau lagi dan susah untuk berhenti… hihihi saking yummy-nya! Paduan Avocado mousse dan rich chocolate sponge, ditutup dengan ganache, membuat cake ini kaya rasa dan tekstur. Berani bersaing dengan cafe dan hotel ternama deh. Jangan lupa pilih alpukat yang sudah matang, bagus, berdaging tebal dan tidak pahit.

Hasil akhir dari semua cake ini adalah cake yang kaya rasa, tekstur dan nutrisi. Yuk, ikutan kelasnya. Jangan terlewat lagi ya, rugiii.. (EA)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment