Reportase Kursus: Cheesecake & Tiramisu

Dulu sekali, kursus ini special diminta oleh salah seorang member yang sedang tergila-gila dengan cheesecake *lirik seseorang*. Hingga kini, kelas cheesecake dan tiramisu menjadi salah satu kelas favorit bagi pemula maupun yang sudah mahir.

Kelas Cheesecake di Toko Sukses Terus Alam Sutera ini lengkap  dengan varian baked cheese cake dan tiramisu, ditambah dengan bolu keju (cheese butter cake) alias cheesecake a la Indonesia, membuat waktu kursus berjalan tidak terasa. Masing-masing peserta menyimak penjelasan instruktur dengan baik. Blue Band Master Margarine yang digunakan membuat aroma cheese butter cake yg selesai dioven memenuhi ruang kursus, hhmmm.. harum menggodda 🙂

cheesecake-collage

Sedangkan blueberry cheese cake, japanese cheese cake dan tiramisu merupakan 3 cake lainnya yang di buat dalam kursus ini. Peserta menghias cheesecake dan menyusun sendiri tiramisunya masing-masing.

Pertanyaan yang sering diajukan adalah bagaimana membuat cheesecake yang mulus permukaannya, alias tidak retak. Suhu dan waktu pengovenan memegang peranan penting dalam membuat cheesecakes agar tidak overbaked dan retak, bahkan bisa menjadi terlalu padat. Untuk blueberry cheese cake, kematangannya tidak dilihat dari tes tusuk tapi dari tes sentuh jika sekitarnya sudah set dan keemasan tapi di tengah loyang (diameter 5cm) masih agak goyang, maka cheesecake sudah bisa dikeluarkan dari oven. Udara yang berlebih juga bisa menyebabkan cheesecake retak.

Tapi kalau cheesecakenya sudah masuk mulut, pasti lupa deh sama perkara retak 🙂

Yuk, jangan ketinggalan kelas ini lagi. Membuat cheesecake sendiri tidak hanya bisa dinikmati di rumah dengan rasa lebih enak dan harga di bawah harga cheesecake di cafe, tapi juga bisa dijual dengan profit bagus. Yumm, krincing! (DA)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment