Reportase Kursus: Bakso dan Bakwan Malang Siap Dijual!

bakwan-pra-gorengPercaya nggak sih kalau di Malang atau persisnya di Surabaya itu nggak ada Bakso? Eits, beneraaan. Saya ceritain ya. Pada suatu hari bertiga rombongan saya dari Jakarta tiba di Surabaya pas jam makan siang. Disaat yang sama udara Surabaya juga lumayan kering dan panas. Mencloklah kami bertiga disuatu depot (rumah makan dalam bahasa Jawa Timur) makanan yang serba penyet.

Langsung ambil daftar menu dan menangkap menu: Bakwan Penyet, diantara menu penyetan lainnya. Maka dengan gembira pesanlah kami bakwan penyet itu, selain menu utama lainnya. Dalam pikiran kami, betapa nikmatnya makan bakwan sayuran bersama sambel sebagai selingan makan siang utama yang sering datangnya belakangan.

tahu-isiNah, begitu datang pesanan itu koq ada Bakso yang dikerat empat bersama sambel satu cobek. Kami bertiga saling berpandang mata, terpesona.

“Ini, kayaknya ada yang salah pesan,” begitu pikir kami. Serentak pesan lagi, Bakwan Penyet, dengan asumsi pesanan tadi terlewat atau salah dengar. Lha koq datang lagi, bakso daging sapi bulat dikerat empat bersama sambel satu cobek lagi. Woalaaahhhh, rupanya yang namanya Bakwan disini bukan bakwan sayuran seperti yang kami sangka. Tapi bakso sapi bulat inilah yang disebut bakwan. Ngarti, ngarti, ngartiiii.. Rupanya itulah sebabnya di Malang tidak ada bakso, adanya bakwan. Ilmu baruuuu.., alhamdulillah.

bakwan-goreng

Tapi kalau kursusnya dikasih judul Bakwan Malang, nanti orang Jakarta mengira bakwan sayuran juga? Baiklah, kita kasih judul Bakso dan Bakwan Malang.

Belajar apa saja di kelas bakwan Malang ini?

Ada beberapa angota ‘keluarga’ Bakwan Malang yang dibuat, yaitu Bakso yang di Jawa Timur disebut penthol, kemudian bakso tahu, siomay, pangsit goreng dan satu lagi yang paling digemari semua orang adalah bakso goreng yang gembung dan kopong. Apa ya rahasianya koq bisa koppong (pakai dobel p, saking kopongnya)? Lalu, bagaimana cara bikin kuah bakso yang lezat? Yang bikin pembeli antri dari shubuh sampai isya’? Lengkap semua di bahas dalam kelas ini.

Para peserta kursus juga dilibatkan aktif praktek membuat aneka isian Bakwan Malang ini. Sehingga setiap peserta akan mudah ingat ketika membuatnya kembali dirumah masing-masing. (sekalian gurunya bisa kipas-kipas sebentar, hihihi.. -ed.)

baso-goreng bakwan-lengkap
  
peserta2
Kuah Bakwan Malang beserta seluruh kondimen yang dibuat didalamnya menjadi sangat kaya rasa dan sedap di lidah karena apa? Yak, karena ditambahkan Knorr Chicken Powder pada setiap bumbu yang digunakan. Knorr Chicken Powder juga menjadi bumbu yang banyak digunakan oleh banyak chef dihotel berbintang diseluruh dunia. (fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Unilever Food Solutions

About the author  ⁄ NCC Indonesia

4 Comments

  • Reply
    Sofiana
    August 31, 2015

    Minta informasi dimana tempat kursus ini berada dan nomor telpon atau pin bb yang bisa dihubungi

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 8, 2015

      Silakan klik menu Kursus, bu. Nomor kontak kami juga ada di halaman Contact Us.

  • Reply
    Yulia
    February 8, 2019

    Mohon info kursus membuat bakso malang???

Leave a Comment