Memodifikasi Resep

Pertanyaan yang paling sering kami terima adalah, “Kalau bahan ini diganti dengan itu bisa gak, bu?” Atau, “Kalau ingin dijadikan rasa lain bagaimana, bu?” Waaah, senang sekali melihat semangat dan kreatifitas memodifikasi resep. Yuk, simak bagaimana ilmu dasar memodifikasi resep, supaya lebih percaya diri bereksperimen di lab kita yang paling cantik: dapur 🙂

by Fatmah Bahalwan

Pada dasarnya, dari satu resep yang sudah kita kuasai dapat dihadirkan resep baru menggunakan modifikasi standard. Misalnya, bahan tepung diganti dengan bahan tepung. Bahan cair diganti dengan bahan cair. Bahan gula diganti dengan bahan gula jenis lain sejumlah sama.

Contoh:
Resep dasar sponge cake:
8 telur, 200 gr gula pasir, 225 gr terigu, 100 gr margarine leleh, 1 sdm emulsifier

  • Untuk mendapatkan sponge cake cokelat, anda dapat menambahkan 1 atau 2 sdm pasta cokelat. Akan tetapi pasta dan perasa lainnya bukanlah bahan alami. Mereka adalah bahan kimia aromatik yang aman dikonsumsi manusia dalam ukuran tertentu. Bila dikehendaki rasa cokelat alami, dapat mengganti 25 gram terigu dengan cokelat bubuk sejumlah sama.
  • Untuk membantu sponge cokelat lebih lembut, terigu bisa dikurangi lagi 25 gr diganti dengan maizena sejumlah sama. Sehingga akan didapat resep baru sponge cokelat.
  • Demikian pula bahan cair, dpt diganti dg bahan cair. Misalnya untuk mendapatkan sponge cake pandan, margarin cair dpt diganti santan kental sedang sejumlah sama. Kemudian beri pasta pandan 1 sdm atau 2sdm air pandan suji kental sekali, peras tanpa air.
  • Untuk menjadikannya Onbykoek, anda tinggal menggantikan gula pasir dengan gula palem dan tambahkan 1 sdm bumbu spikuk.

Hal yang sama dapat anda lakukan pada resep-resep lainnya.

Nah, anda sudah mahir memodifikasi resep dari satu resep dasar menjadi berbagai resep. Selamat berkreasi! (fb)

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

Comments are closed.