Memodifikasi Resep

Pertanyaan yang paling sering kami terima adalah, “Kalau bahan ini diganti dengan itu bisa gak, bu?” Atau, “Kalau ingin dijadikan rasa lain bagaimana, bu?” Waaah, senang sekali melihat semangat dan kreatifitas memodifikasi resep. Yuk, simak bagaimana ilmu dasar memodifikasi resep, supaya lebih percaya diri bereksperimen di lab kita yang paling cantik: dapur 🙂

by Fatmah Bahalwan

Pada dasarnya, dari satu resep yang sudah kita kuasai dapat dihadirkan resep baru menggunakan modifikasi standard. Misalnya, bahan tepung diganti dengan bahan tepung. Bahan cair diganti dengan bahan cair. Bahan gula diganti dengan bahan gula jenis lain sejumlah sama.

Contoh:
Resep dasar sponge cake:
8 telur, 200 gr gula pasir, 225 gr terigu, 100 gr margarine leleh, 1 sdm emulsifier

  • Untuk mendapatkan sponge cake cokelat, anda dapat menambahkan 1 atau 2 sdm pasta cokelat. Akan tetapi pasta dan perasa lainnya bukanlah bahan alami. Mereka adalah bahan kimia aromatik yang aman dikonsumsi manusia dalam ukuran tertentu. Bila dikehendaki rasa cokelat alami, dapat mengganti 25 gram terigu dengan cokelat bubuk sejumlah sama.
  • Untuk membantu sponge cokelat lebih lembut, terigu bisa dikurangi lagi 25 gr diganti dengan maizena sejumlah sama. Sehingga akan didapat resep baru sponge cokelat.
  • Demikian pula bahan cair, dpt diganti dg bahan cair. Misalnya untuk mendapatkan sponge cake pandan, margarin cair dpt diganti santan kental sedang sejumlah sama. Kemudian beri pasta pandan 1 sdm atau 2sdm air pandan suji kental sekali, peras tanpa air.
  • Untuk menjadikannya Onbykoek, anda tinggal menggantikan gula pasir dengan gula palem dan tambahkan 1 sdm bumbu spikuk.

Hal yang sama dapat anda lakukan pada resep-resep lainnya.

Nah, anda sudah mahir memodifikasi resep dari satu resep dasar menjadi berbagai resep. Selamat berkreasi! (fb)

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

Related Posts

Rawon

Yoghurt Cake

Pepes Ayam

4 Comments

  • Reply
    MARINI
    November 6, 2014

    terima kasih sekali bu fatmah dan team NCC untuk share artikel memodifikasi resep kue untuk di uji di laboratorium dapur kecil kami. sukses selalu untuk bu fatmah dan team NCC barakalloh semua ilmu nya peluuuk bu fatmah dan team NCC

  • Reply
    isoers
    March 13, 2015

    asw buk, kalau mau modifikasi cake sarang semut karamel menjadi sarang semut pandan bisa ga? kalau bisa, boleh bantu gmana caranya huk? syukran… 🙂

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 19, 2015

      Kami belum pernah mencobanya, bu. Mungkin ibu bisa mencoba dengan menambahkan perasan daun pandan suji atau 1 sdm pasta pandan. Tapi mungkin hanya pengaruh ke cita rasa, tidak akan berpengaruh pada warna, karena gula karamel warnanya sangat gelap. Ditunggu hasil percobaannya ya, bu.

Leave a Comment