UFS Tips: 10 Tips Sukses Membuat Bakery & Pastry Terbaik

Untuk menghasilkan produk bakery yang diinginkan sebaiknya pengusaha bakery dan pastry menggunakan solusi produk bakery dari Unilever Food Solutions dengan mengikuti tips yang diberikan oleh Siswanto Wibisono, Bakery Advisor dari UFS, sebagai berikut :

  1. Dalam membuat cake dan cookies, gunakan margarin kualitas nomor satu karena dapat mempengaruhi rasa, aroma, bahkan daya tahan produk mengingat komposisi margarin yang cukup tinggi, yaitu hingga 23%.
  2. Margarin/butter sebaiknya dilelehkan dengan api sedang atau kecil. Karena jika api terlalu besar emulsifiernya bisa rusak sehingga air dan minyak (fat) bisa terpisah. Hal ini dapat mempengaruhi rasa dan tekstur produk akhir, khususnya pada cake.
  3. Shortening (White Cream Fat/Pastry Fat) sebaiknya dikocok dengan menggunakan paddle. Untuk menghasilkan cream yang berwarna putih cerah, gunakan simple syrup yang terbuat dari gula putih dan air dengan perbandingan 3:1.
  4. Kocok shortening (White Cream Fat/Pastry Fat) dengan mixer berkecepatan sedang sehingga tidak banyak udara yang dapat memunculkan balon-balon udara kecil dan waktu dipoleskan di cake menjadi lebih lembut dan halus.
  5. Shortening yang cenderung tidak mempunyai rasa sebenarnya dapat dicampurkan dengan margarin sebanyak 10-20% (per 1 kg) untuk menghasilkan rasa dan aroma yang lebih gurih.
  6. Cream yang telah dibuat sebaiknya disimpan ditempat yang sejuk. Jika ruangan terlalu panas, cream bisa cair. Hal ini sangat berpengaruh pada proses pendekorasian kue.
  7. Untuk membuat puff pastry sebaiknya gunakan tepung terigu protein tinggi agar volume puff lebih mengembang sempurna.
  8. Dalam membuat puff pastry, tekstur dan kekerasaan antara fat laminating dan kekerasan adonan harus seimbang. Setiap 2 kali lipatan single, adonan harus diistirahatkan selama ± 20 menit.
  9. Setelah selesai dibentuk, adonan harus diistirahatkan terlebih dahulu ± 1-2 jam.
  10. Setelah dilipat, adonan puff pastry sebaiknya diputar 90 derajat agar tidak menciut dari 1 arah waktu proses pembakaran.

products-agt14

Blue Band Master Gold Margarine

Mengandung ekstrak butter sehingga dapat menghasilkan cake dan cookies premium dengan harga yang terjangkau karena dapat mengurangi penggunaan butter hingga 20%.

Blue Band Master White Cream Fat

Menghasilkan warna putih cerah yang mudah bercampur dengan bahan lain. Serta tidak terlalu meninggalkan rasa ngendal dan cocok untuk dekorasi cake, topping dan filling, bakpao, dan roti tawar.

Blue Band Master Pastry Fat

Sempurna digunakan dalam proses laminating pastry dan solusi tepat untuk puff pastry Anda. Blue Band Master Pastry Fat dapat menghasilkan volume optimal pada puff pastry Anda.

Dapatkan lebih banyak inspirasi di www.UFS.com 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment