Reportase: Kelas Roti Manis dan Donat, Hot from the Oven and Penggorengan :)

Rotimanis-jojo-jun-1_Fotor_Collage1Bikin roti itu, awalnya deg-degan, udahannya nagih. Sekali tau selahnya, bikin roti apapun in syaa Allah sukses. Dan impian menghidangkan roti buatan rumah, hangat dari oven, bukan lagi hanya cerita Laura Ingalls di padang rumput. Tapi cerita nyata dari kelas Roti Manis dan Donat NCC di Toko Jojo Bintaro Juni lalu, ihiy 🙂

Dalam kelas roti manis dan donat di NCC, diajarkan pengetahuan bahan yang sangat penting untuk bisa mengerti pembuatan roti. Seperti kadar protein dalam tepung, apa itu gluten, apa itu ragi, fungsinya, sifatnya, apa itu proofing, plus tentu saja.. kunci sukses membuat roti dan donat mengembang empuk kempus-kempus, serta lezaaatt..

Dari satu adonan dasar, dapat dibuat aneka roti dengan bermacam bentuk, isi dan toping. Naahh.. membentuk roti adalah the best part of all! Peserta diajarkan langsung praktek bagaimana caranya membuat aneka bentuk roti yang cantik-cantik dan lucu-lucu, hihihi..

Diajarkan pula membuat 2 macam donat, yaitu donat kentang dan donat a la kafe yang terkenal itu loh. Pulang dari sini langsung cetak duit deh.. serius!

Roti-roti dan donat hangat dan lezat ini semua dibawa pulang oleh peserta sebagai hasil kursus buatan mereka sendiri. Sedap kan? *kedip*

Rotimanis-jojo-jun-1 Rotimanis-jojo-jun-7

Rotimanis-jojo-jun-8 Rotimanis-jojo-jun-9

Jadi sebenernya apa donk rahasianya bikin roti? Kasih tau gak yaaaaa… 😀

Salah satu tipsnya adalah lemak –dalam hal ini margarin– dan garam jangan diaduk langsung dengan ragi, karena dapat menghambat kerja ragi. Ragi harus bercampur dulu dengan bahan lain menjadi adonan yang rata, barulah lemak dan garam dimasukkan dan diaduk bersama adonan yang sudah mengandung ragi.

Terus margarinnya pakai apa? Blue Band Master laaaah, kok pake tanyaaaa… 🙂

Jangan ketinggalan lagi kelasnya ya, ini termasuk kelas yang cukup sering diulang. Cek jadwalnya di website ini setiap bulannya.

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment