Onde-onde Ketawa

Klethikan yang satu ini bikinnya gampang, rasanya enak, dan bentuknya lucuuuu.. hihi.. tuh kan, baru liat bentuknya saja sudah seneng. Onde-onde ketawa memang bikin ketawaaa 😀

Onde-onde Ketawa

Bahan:

500 gr     tepung terigu protein rendah
1 sdt        baking Powder Double Acting (BPDA)
150 gr     gula pasir
50 gr      margarine
1 sdt       vanilli
4 btr       telur

Bahan lain:

500 ml       air
100 gr       wijen putih
1 ltr        minyak goreng

Cara Membuatnya:

  1. Campur tepung terigu dan BPDA, aduk rata. Sisihkan.
  2. Kocok mentega dan gula pasir hingga lembut, masukkan telur satu persatu sambil tetap dikocok sampai mengembang. Matikan mikser.
  3. Tuang terigu kedalam adonan telur, aduk rata dan uleni perlahan sampai bisa dipulung.
  4. Bentuk bulat seperti bola ping-pong, celupkan kedalam air sebentar langsung gulingkan diatas wijen putih.
  5. Goreng dalam wajan dengan minyak banyak dan api sedang hingga mekar dan berwarna kuning kecoklatan.
  6. Angkat. Tiriskan. Dinginkan dan simpan dalam toples.

About the author  ⁄ NCC Indonesia

16 Comments

  • Reply
    October 2, 2014

    Bu kalau onde ini hasilnya kriuk atau kayak onde biasa?

    Makasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 2, 2014

      Luarnya crispy, dalamnya empuk. Beda dengan onde biasa yang kopong, ini tidak bolong dalamnya. Dicoba saja, yuk!

  • Reply
    October 2, 2014

    Boleh nanya lg y…
    Kalau nggak ada terihu prot rendah boleh pake yg segitiga? Pengaruh nggak sama teksturnya?

    Makasih banyak

  • Reply
    October 3, 2014

    Bu saya sudah coba. Alhamdulillah berhasil, meski nggak pake baking powder double acting juga ondenya semua pada ketawa ngakak… suka deh ondenya.

    Makasih ya resepnya. Nanti saya mau coba yang lain..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 4, 2014

      Waah, maap baru sempet jawab ini. Alhamdulillah, terjawab donk ya soal si tepung. Sip, sukses selalu untukmu.

  • Reply
    Yulia
    October 7, 2014

    Bu Fatmah, saya sdh coba resepnya hasilnya oke banget, tapi ketika buat agak banyak kok minyaknya jadi sangat berbusa, sehingga onde2nya jadi mlempem dan tidak renyah karena nyerap minyak. Mohon pencerahan cara goreng yang benar dan apa ada cara agar minyak nya tidak berbusa? terimakasih sebelumnya Bu…
    Makasih banyak..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 19, 2015

      Jangan terlalu banyak menggorengnya dalam satu giliran.

  • Reply
    arie novia
    September 1, 2015

    Aku uda coba resepnya bunda, enak renyah tapi onde2nya g ketawa (pecah) waktu digoreng. Aku pakai telur dari kulkas, bolehkah? Apakah boleh gulanya ditambah jadi 160?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 16, 2015

      gak boleeeeeh. pantesan gak ketawa, kamu bandel sih ngubah-ngubah resep. hayok coba lagi, kali ini nurut yaaa! 😀

  • Reply
    Nita
    December 23, 2015

    Saya udh coba resepnya bu tp pake baking powder biasa. Hasilnya ada beberapa yg gak ketawa trus cepat gosong, itu kenapa ya bu? Apakah hrs pake bpda? Makasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 25, 2015

      Coba didouble jumlah bpnya.
      Gosong karena api terlalu besar.

  • Reply
    afiqa
    May 16, 2016

    Resepnya udah saya coba mba tapi tadi lupa masukin vanili jadi kurang wangi deh.. Tapi rasanya udah enak kok, mantab! Makasih Resepnya ya mba 🙂

  • Reply
    Riri
    August 18, 2016

    Bu fatmah, resep sudah saya coba dan berhasil. Renyah di luar, lembut di dalam. Yang mau saya tanyakan, instruksi untuk mengocok gula&margarin sampai halus kemudian masukan telur 1-1 sampai mengembang itu kok hasilnya tetap encer ya padahal sudah saya kocok lama. Mohon pencerahananya.

  • Reply
    dhiva
    May 3, 2017

    Kecepatan waktu mixer rendah atau sedang ya

  • Reply
    December 3, 2017

    Sangat Bermanfaat

Leave a Comment