Kukis Hias

Butter cookies klasik ini mendadak cantik jelita setelah diberi sentuhan icing warna-warni. Gak cuma cantik, rasanya pun sungguh ngangeni. Kukis yang buttery, tidak terlalu manis, sungguh pas dengan icing manisnya. Eeeh, biar kata resep lama, kukis ini masih jadi rebutan setelah selesai dibikin, dan sangat laku dijual ke semua kalangan. Yuk, kita bersenang-senang menghiasnya, lalu jualaaaan..

Kukis Hias

Bahan:

300 gr mentega
100 gr gula bubuk (tepung gula)
4 btr kuning telur
500 gr tepung terigu protein rendah
20 gr tepung maizena
1 sdt vanilla
Cetakan kukis (cookie cutter)

Cara membuat:

  1. Kocok mentega dan gula bubuk dikocok sampai lembut.
  2. Masukkan kuning telur satu persatu kocok lagi sampai tercampur rata.
  3. Masukkan terigu, maizena dan vanilla aduk rata sampai bisa dibentuk. Bila adonan masih lunak, tambahkan terigu 1-3 sdm.
  4. Giling adonan diatas meja, dengan ketebalan tertentu, misalnya 5mm. Cetak dengan cetakan kukis, pindahkan ke loyang.
  5. Oven dengan suhu 140C selama kurang lebih 30 menit atau sampai keemasan.
  6. Keluarkan, biarkan dingin dalam loyang.
  7. Hias bagian atas kukis dengan Royal Icing warna yang kita inginkan. Biarkan kering atau oven dengan suhu 100’C selama 15 menit. Angkat.

 

Royal Icing (RI)

Bahan:

100 ml putih telur
500 gr Gula bubuk (tepung gula)
1 sdt cuka masak atau air jeruk lemon
1-3 tetes essence

Cara membuat :

  1. Kocok putih telur dengan mixer sampai berbusa sedikit, masukan secara bertahap gula bubuk, masukan cuka/air jeruk lemon, kocok terus sampai mengental.
  2. Bagi adonan ke dalam 2 mangkok. Salah satu diberi warna merah tua, satu lagi biarkan putih.
  3. Ambil sedikit RI putih, beri warna ungu tua untuk tiang bendera. Aduk rata, masukan setiap warna kedalam plastic segitiga (piping bag) Gunting ujung piping bag, siap untuk menghias.

Tips:

Bila glazur atau royal icing terlalu kaku, cairkan dengan menambahkan air jeruk lemon sampai kekentalan yg diinginkan

About the author  ⁄ NCC Indonesia

99 Comments

  • Reply
    irma
    June 5, 2016

    Ass..mba aku udh bikin RI nya pas mau di panggang lg bntr kok malah jd berbusa ya RI ny di loyang knp ya mba?

  • Reply
    Syifa
    September 27, 2016

    Bu fat aku mau bikin cookies hias tapi yang ada rasanya cookiesnya, kalo aku tambahin peanut butter gimana jadinya ya resepnya? Apa yang perlu dikurang ato ditambah? Trimakasih

  • Reply
    February 3, 2017

    sore bu,mau nanya supaya ga mudah pecah gimana ya?
    dan dihias dengan royal icing belum bisa mendapatkan hasil yg baik,sarann nya membuat RI bagaimana ya?
    terimakasih ibu

  • Reply
    August 11, 2017

    hallo bu , mau tanya nih ,jika cookies yang dihias dengan fondant harus dipanggang dalam suhu berapa ya ? terima kasih

Leave a Comment