Bikin Tumpeng itu Gampang – Petunjuk Step By Step

Huah, bikin tumpeng sendiri? Apa bisa ya? Kayaknya kok ribet banget! Haaa, ternyata bikin tumpeng itu gak sesulit yang dipikir loh. Dan amat sangat mengasyikkan! Artikel kali ini akan menguraikan step-by-step membuat tumpeng, yang beneran gak susah itu.

By Fatmah Bahalwan

Makna Tumpeng

Yaah, lengkap amat pake makna tumpeng segala! Eeh, ngeyeellll.. kan kudu menghayati dwonk, ngapain sih kita bikin tumpeng? Apa sih maknanya? Biar ketika bikinnya juga sambil berbunga-bungaaa, huahaha.. Tumpeng dan maknanya: Kerucut Yang Penuh Arti

Membuat Aneka Lauk

Resep lauk-pauknya, silakan lihat di link ini: (maap belom dipindahin dari website lama, maapin ya. Makanya bantuin donk.. *mimin dikeplak*)

Contoh yang diberikan dalam artikel ini adalah tumpeng untuk kurang lebih 20 orang. Bila diinginkan untuk 100 orang, silahkan klik link ini: Memasak Untuk 100 Orang

Urutan Masak & Persiapan

Kalau mau dirunut, urutan masaknya sebagai berikut:

  1. Ungkep ayam, goreng menjelang disusun.
  2. Rebus hati sapi dan garam, tiriskan, sisihkan. Goreng kentang dadu, sisihkan. Masak menjelang disusun (tinggal diaduk denganbumbu sambel goreng, kapri masukkan paling akhir).
  3. Buat telur dadar, rawis, sisihkan.
  4. Bulatkan perkedel, bisa sehari sebelumnya. Goreng menjelang disusun.
  5. Buat kering tempe sehari sebelumnya, simpan dalam toples.
  6. Buat tahu bacem, bisa sehari sebelumnya, simpan dalam kulkas, goreng menjelang disusun.
  7. Masak nasi kuning, bersamaan dengan menggoreng lauk pauk diatas.
  8. Terakhir adalah membuat urap. Aduk sayur dan bumbu urap menjelang disusun.
  9. Tampah dan hiasan lainnya dapat disiapkan malam hari, bila tumpeng untuk konsumsi makan siang. Sehingga ketika nasi tumpeng sudah matang, tampah pun sudah siap. Dan ketika lauk pauk sudah tersusun rapi, hiasan sudah mekar semua. Anda tinggal mendekornya supaya tumpeng tampil cantik dan segar.

Menyiapkan Tampah & Hiasan

Naaaah, ini “the best part”nya! Yuk, yuk, kita mulai..

Alat:

Tampah Styrofoam seukuran tampah Tusuk gigi Gunting Pisau biasa Pisau Ukir melengkung

Bahan hiasan:

Daun pisang, bersihkan lalu layukan sebentar di atas kompor Kacang panjang Ketimun/Kyuri (ketimun jepang)/Zucchini Bokcoy Cabe merah besar

Menyiapkan Tampah

Klik pada gambar untuk tampilan lebih besar

1. Ukur tampah yang akan dipakai. Potong styrofoam seukuran tampah, lalu letakkan di atas tampah. Styrofoam ini akan menjadi base/alas tumpeng dan aneka hiasannya. 2. Mulailah mengalasi styrofoam dengan daun pisang hingga tertutup sempurna. Kuatkan sambungannya dengan tusuk gigi.

tumpengsbs01 tumpengsbs02 tumpengsbs03 tumpengsbs04

3. Gunting kelebihan daun pisang di sepanjang sisi tampah, rapikan.

tumpengsbs06 tumpengsbs07 tumpengsbs08

tumpengsbs10 tumpengsbs09

4. Siapkan potongan-potongan daun pisang, kurang lebih seukuran telapak tangan. Bentuk kerucut yang rapi, lalu kuatkan dengan stapler, sehingga membentuk segitiga. Sisi-sisi segitiga tidak perlu ditekan hingga terlipat. Biarkan agak menggembung supaya terlihat cantik dan lebih bervolume. Buat segitiga-segitiga yang sama besarnya, dengan menggunakan satu buah segitiga sebagai patokan ukuran.

tumpengsbs11 tumpengsbs12 tumpengsbs13

5. Selipkan segitiga-segitiga tersebut ke balik alas daun pisang, lalu kuatkan dengan tusuk gigi. Biarkan sisa tusuk gigi menonjol, untuk tempat menusukkan pagar kacang panjang. Usahakan jarak antar tusuk gigi sama lebarnya. Setelah tusuk gigi terpancang di sekeliling tampah, tusuk gigi yang menahan daun di bagian tengah bisa dicabut.

tumpengsbs14 tumpengsbs16 tumpengsbs15

6. Gunting beberapa kacang panjang kurang lebih sepanjang tusuk gigi, lalu masukkan ke dalam tusuk gigi yang sudah terpancang di sekeliling tampah. Kacang panjang ini akan berfungsi sebagai tiang pagar tumpeng.

tumpengsbs17 tumpengsbs19 tumpengsbs18 tumpengsbs20

7. Ambil kacang panjang yang masih utuh, gunting rapi ujungnya, lalu mulailah melilitkan ke sekeliling pagar secara berselang-seling, depan-belakang, depan-belakang. Akhiri lilitan tepat di depan atau di belakang tiang kacang panjang, gunting kelebihannya. Lalu lanjutkan dari titik yang sama. Demikian seterusnya. Buat 5 susun pagar, atau 7 susun, atau angka ganjil lainnya. Bukan tahyul loh, cuma nomor cantik aja, huahaha….

tumpengsbs22 tumpengsbs23

8. Setelah pagar selesai, gunting kelebihan tiang kacang panjang supaya pagar rapi dan rata.

tumpengsbs25 tumpengsbs26

9. Nah, sekarang tampah sudah siap ditempati oleh tumpeng. So far, so good ya? Gimana, lanjut? Lanjuuuut..

tumpengsbs24

Menyiapkan Sayuran Hiasan

Ketimun

1. Potong-potong ketimun kurang lebih sepanjang 10 cm. Lalu dengan menggunakan pisau ukir yang bentuknya melengkung seperti arit, mulailah memotong dari bagian tengah ketimun, membentuk mahkota.

tumpengsbs27 tumpengsbs28

2. Kemudian potong ketimun di perbatasan kulit dengan dagingnya, seolah-olah membentuk kelopak.

tumpengsbs29 tumpengsbs30

3. Rendam ketimun yang sudah cantik ini di dalam air es hingga merekah.

Cabai Merah

1. Potong menyilang cabai merah (tidak putus), biarkan tangkainya utuh. 2. Rendam dalam air es hingga cabai merekah.

tumpengsbs31

Mawar Bokcoy

1. Potong bagian pangkal bokcoy kurang lebih setinggi 6 cm.

tumpengsbs32

2. Menggunakan pisau ukir yang sama, mulailah membentuk kelopak mawar, mulai dari pelepah bokcoy terluar, bentuk melengkung seperti kelopak mawar.

tumpengsbs33 tumpengsbs34 tumpengsbs35 tumpengsbs36

3. Rendam mawar bokcoy dalam air es.

tumpengsbs37

Hiasan sayuran ini tentu boleh ditambah lagi sesuai selera dan keahlian masing-masing.

Menyusun Tumpeng

Nah, ini adalah puncak acara, di mana seluruh komponen tumpeng akan disatupadukan dengan damai dalam tampah yang nyaman 🙂

1. Cetak nasi kuning, atau nasi apa saja, dalam cetakan tumpeng yang sudah dioles sedikit minyak. Balikkan ke atas tampah

tumpengsbs38 tumpengsbs39 tumpengsbs40 tumpengsbs41

2. Tentukan bagian depan tumpeng, lalu mulailah menyusun lauk pauk. Sisakan ruang untuk tempat hiasan sayuran. Untuk menambah cantik penampilan, beberapa lauk pauk bisa “diwadahi” oleh sayuran berdaun lebar.

tumpengsbs42 tumpengsbs43

3. Iris ketimun setengah lingkaran tipis-tipis, susun pada terap nasi tumpeng.

tumpengsbs44 tumpengsbs45 tumpengsbs46

4. Mulailah menyusun sayuran hiasan. Tusukkan tusuk gigi pada pangkal sayuran hiasan, lalu tancapkan di tempat-tempat yang sudah disiapkan dan tempat-tempat lain sesuai selera.

tumpengsbs47 tumpengsbs48 tumpengsbs49 tumpengsbs50

tumpengsbs51 tumpengsbs51a tumpengsbs51b tumpengsbs52

tumpengsbs53

5. Cihuy.. tumpengnya sudah jadi! Lutunaaa.. eh salah, canteknyaaa..

tumpengsbs54

Diantar, Bu?

Nah, kalau tumpengnya merupakan pesanan, wajib ditutup plastik bening, supaya tetap terlindung selama dalam perjalanan: 1. Tutupkan plastik bening ke sekeliling tumpeng, kuatkan di bagian bawah tampah dengan selotip besar.

tumpengsbs55

2. Jangan lupa gunting beberapa lubang untuk tempat keluar uap air.

tumpengsbs56

3. Tumpeng siap diantar ke pemesan. Krincing!! *bunyi duit*

Gampang kan? 🙂

About the author  ⁄ NCC Indonesia

39 Comments

  • Reply
    August 23, 2013

    Ini kudu praktek ya mbakk.. biar lancar.. doakan sayaa biar pinter juga kayak mbak fat.. hihihi..

  • Reply
    kusmiati
    October 20, 2013

    Mohon penjelasan cara menutup dgn plastic wrapnya bu kalau tumpengnya sdh selesai…..saya msh kesulitan..terimakasih.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 22, 2013

      Bukan dengan plastic wrap, tapi plastik kaca untuk bungkus kado. Tutupkan saja serapih mungkin bu, rekatkan plastik dibagian bawah dengan selotip besar. Gunting beberapa lubang untuk jalan keluar uap.

  • Reply
    cung
    October 21, 2013

    Selamat malam mbak.. Saya seorg ibu rumah tangga yg hobby memasak dan membuat kue. Hobby saya ini saya kembangkan dgn menerima pesanan dan masih saya jalankan. Saya ingin sekali kursus membuat tumpeng. Bila saya ingin kursus di NNC dimana kah alamat nya? Dan apakah kursus di NNC dibuka utk umum?tq

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 22, 2013

      Alamat ada di jadwal kursus atau di menu contact us di atas, bu. Kursus NCC terbuka untuk umum. Sampai ketemu..

  • Reply
    dewi
    November 15, 2013

    alhamdulillah mendapat pencerahan bentuk tidak harus menggunung, kebetulan si kecil mo ultah nih. Makasih mba Fatmah… saya penggemar resep-resep anda… Kreasi mba menjadi inspirasi semua orang… hehehe

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 16, 2013

      Alhamdulillah, semoga bermanfaat. Terimakasih, Dewi.. segala puji hanya bagi Allah. Peluukkk..

  • Reply
    josephyra
    November 22, 2013

    Kebetulan besok ada lomba..mau tanya..kalau hiasan dari daun bawang biar bisa keriting bagaimana membuatnya?
    Kalo merendam hiasan ϑí air es semalaman apakah tidak apa2? Terima kasiihh

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 24, 2013

      – Pilih daun bawang besar, lalu potong bagian daun hijau yg lemas sisakan bagian daun bawang yg kokoh.
      – menghunakan pisau lancip kerat-kerat halus daun bawang dari bagian atas menuju pangkal putih saja. Otomatis keratan akan melengkung kwluar seperti pohon beringin.
      – rendam dalam air es selama 30 menit. Daun bawang akan lebih keriting lagi.
      – boleh saja kalau mau direndam semalaman.

  • Reply
    Dora
    January 31, 2014

    mau tanya, berapa biaya buat beli bahan2 tumpeng diatas?

  • Reply
    Niar
    May 22, 2014

    Mei 2013 lalu sdh praktek utk lomba di sekolah anakku,, alhamdulillah dapat juara 2. Pdhal ini baru pertama kalinya sy bikin tumpeng. Dan mei ini tgl 24 mau bikin utk yg kedua kalinya… Trims banyak ats resepnya ibuuu…. ilmunya sangat bermanfaat.. 🙂

  • Reply
    July 4, 2014

    waaaa cantik! thankyouuu mbaa, aku rencana hari minggu mau buat ini untuk ultah anakq. makasih banyak mbaa 🙂 sangat bermanfaat

  • Reply
    Istirocha
    July 5, 2014

    Waktu nasi tumpengnya saya keluarkan dari cetakan kok bisa patah ya? Ada tipsnya bunda? Padahal sdh dikasih daun trus diolesi minyak

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 14, 2014

      Nasi tumpeng yg patah biasanya karena kurang padat saat mengisi cetakan. Pastikan setiap menambah nasi langsung dipadatkan. Paling baik memadatkan nasi tumpeng adalah disaat nasi masih panas, in syaa Allah anti patah deh.

  • Reply
    MARINI
    November 6, 2014

    terima kasih banyak bu fat untuk share ilmu nya sangat bermanfaat banget barakalloh insya alloh mau segera di praktekan sukses selalu buat bu fat dan keluarga, team NCC peluuk

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 7, 2014

      sipp, sama-sama terimakasih. Wa fiiki barakallah.. *peluk rapet*

  • Reply
    Zoelfa
    December 6, 2014

    Waduuuuuh trima kasih ilmux

    Dari dulu kl bikin tumpeng …asal berdiri aja
    hiasanx pun ala kadarx
    untunge tumpengx cma dimakan ma skeluarga aja

    Waaaaah skrg kl mo bkin lg Q udh tau carax
    tinggal prakek deh

    Matur nuwun …..

  • Reply
    December 23, 2014

    Besok mau bikin nih bu Fat, buat orderan tumpeng natal tgl. 24 desember 2014. Mau copas ya bu, semoga bisa persis. Mohon doa restu suhu

  • Reply
    Rina
    December 31, 2014

    Waaaah… tumpengnya cantik banget, rasanya pasti enak. Penjabarannya dari a-z detil, jd pengen coba buat ultah anak. Makasih atas semua resepnya Bu Fat…

  • Reply
    Lydia
    January 12, 2015

    Nasi tumpengnya cantik & menarik! Ini yang saya cari2. Foto2 & petunjuknya jelas skali. Thank you for sharing. Matur nuwun Ibu!

  • Reply
    fatimah
    January 21, 2015

    sangat terinspirasi oleh ibu fatmah

  • Reply
    February 12, 2015

    Asslmkm, Bu dan team NCC terimakasih banyak untuk step-by-step membuat tumpengnya. Alhamdulillah berkat NCC syukuran hari sabtu kemarin lancar dalam membuat tumpeng hiasnya.. Meski penampilan belum rapih. Sekali lagi terima kasih banyak buat semuanya

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 6, 2015

      Alhamdulillah.. ikut senang! Semoga terus bermanfaat ya, ibu. Sama-sama terimakasih :*

  • Reply
    March 8, 2015

    Ass. Bu fatmah.. rencananya mau buat tumpeng ultah anak saya..dan saya mau menuliskan tulisan “happy birthday” di tumpengnya. Yang mau saya tanyakan untuk mencetak tulisannya bagaimana ya bu? Dan menggunakan sayuran/buah sebagai bahan tulisan?. terimakasih banyak bu fat.. ilmu yang bermanfaat insya Allah sampai ke syurga.. aminn..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 23, 2015

      Sayuran bisa dicetak bentuk tulisan menggunakan cookie cutter huruf, lalu disusun dengan tusuk gigi ke badan tumpeng. Gunakan sayuran yang agak keras dan ukurannya sesuai dengan cookie cutter, contohnya wortel besar dan bangkuang.

  • Reply
    annisa
    April 29, 2015

    Terima kasih untuk ilmu yg sangat bermanfaat ini. Semoga Allah SWT membalas dengan pahala yg terus mengalir *peluukk

  • Reply
    lisa
    June 1, 2015

    Mbak cara menghitung modal n harga jualnya gm misal dpt pesanan nasi tumpeng unt 20 orang kita kasih harganya berap? makasihhar

  • Reply
    Yana
    January 9, 2016

    Tempat kursus diSurabaya dimana?

  • Reply
    Eva
    January 10, 2017

    Wahh resepnya kerenn banget, lengkap banget, mudah dipahami banget. Plus filosofi tentang tumpeng.. jadi tahu banyak. Terimakasih Bu Fatmah sudah berbagi

  • Reply
    Uke
    September 1, 2017

    Assalamualaikum bu fat, saya berencana buat tumpeng untuk ultaj suami saya minggu depan, yang mau sana tanyakan dimanakah saya bisa mendapatkan styrofoam yang sudah jadi dengan tampahnya? Mohon infonya. Terimakasih

Leave a Comment