Singkong Thailand (Sweet Cassava)

Cita rasa Asia memang one of the best in the world. Dari bahan sederhana, menjadi salah satu anggota dim sum manis yang kerap menghiasi menu restoran ternama. Buat sajian sore hari alangkah sangat nikmat. Ciyus.

Singkong Thailand (Sweet Cassava)

by Fatmah Bahalwan

Bahan:

500 gr  singkong/ubi kayu
100 gr  gula pasir
200 ml  air
½ sdt garam
200 ml  santan instan
1 sdm tepung maizena, cairkan dengan sedikit air

Cara membuatnya:

  1. Rebus singkong dengan air hingga empuk dan matang.
  2. Masukkan gula pasir, masak terus hingga gula meresap.
  3. Tuang santan instan. Didihkan sekali lagi.
  4. Tuang tepung maizena cair, aduk rata hingga mendidih dan mengental. Angkat. Sajikan.

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

Related Posts

Yoghurt Cake

Pepes Ayam

Orange Cake

Kukis Monas

12 Comments

  • Reply
    August 16, 2014

    Dear Bu Fatmah, saya boleh tanya ya..
    1. Waktu gula pasir dimasukin ke singkong rebus, itu berarti harus masih ada airnya ya? kira2 seberapa sisa airnya bu?
    2. waktu santan dimasukin ke singkong rebus, apakah jg begitu?
    3. terus, kalo setelah singkong matang mau disajikannya nanti2, apakah santan dan maizena bisa dimasak terpisah ya? karena saya pernah makan jajanan ini, dan waktu itu santannya terpisah..

    makasih ya bu, maaf banyak tanya hehe

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 16, 2014

      Singkong rhailand:
      1. Sisa air cukup sedkit saja karena gula begitu dimasukkan akan menjadi cair kena panas.
      2. Setelah gula tercampur rata, masukkan santan hiarkan mendidih lalu angkat.
      3. Bisa.

  • Reply
    August 16, 2014

    oya bu, maaf OOT. saya request dong untuk resep dan tips bikin macaron. berapa kali bikin gagal terus soalnya.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 16, 2014

      Macaroon. Baik. Nanti in syaa Allah akan kami tayangkan. Terimakasih usulannya, bu.

  • Reply
    fitri
    April 15, 2015

    dear bunda fatma, kalau santan dicampur dengan susu untuk saus apakah bias+lebih nikmat ya bu? atau santan sepenuh diganti sama susu(jadi seperti vla di sus) lebih mak nyus kah?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 18, 2015

      Jadinya singkong susu donk ya. Rada kurang matching deh rasa susu dengan singkong. Tapi silakan dicoba saja yukk..

  • Reply
    yenni
    November 25, 2015

    assalamualaikum bu fatmah….

    terima kasih atas sharing resepnya yg sangat beguna…
    kalau ada resep choco lava mau dong…..yg kukus dan panggang (btw kalau manggang bisa pake microwave ga ya?
    makasih sebelumnya ya mbak….

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 30, 2015

      Choco lava, diusahakan ya, gak mau janji dulu, hehehe..
      Memanggang kue dengan microwave kalau dalam artian matang bisa saja, tapi warna kue akan tetap sama dengan adonan, tidak ada efek bakar. Hati-hati, tidak boleh memanggang di microwave dengan loyang logam ya.

  • Reply
    April 11, 2016

    maaf bu… mau tanya.. ini ga pake saus santan yg disiram?
    setau saya singkong thai.. pake saus santan.. 🙂

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 22, 2016

      Memang bersaus santan, bu. Coba dibaca lagi baik-baik resepnya 🙂

  • Reply
    Juwita
    April 27, 2016

    Dear bu fatmah..minta tips memilih singkong yg empuk dunk..seringnya beli singkong pas direbus keras..thx b4

  • Reply
    January 10, 2017

    wah gampang juga membuatnya, mau beli diluar tapi agak mahal, terimakasih resepnya

Leave a Comment