Roti Tawar

Roti terenak adalah roti yang keluar dari oven dapur kita sendiri. Panas-panas langsung iris dan olesi mentega, rasanya gak butuh apa-apa lagi selain teh kepul-kepul. Eeh, beneraaan.. Yuk bikin roti!

Roti Tawar

by Fatmah Bahalwan

Bahan:

1 kg      tepung terigu protein tinggi
11 gr     ragi instan
20 gr     susu bubuk full cream
100 gr    gula pasir
2 btr      telur
60 gr     mentega putih
15 gr     garam
475 ml   air es

Cara membuatnya:

  1. Campur dalam wadah: tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan susu bubuk, aduk rata. Beri telur, tuangi air es secara bertahap sambil diuleni hingga tercampur rata dan bergumpal-gumpal.
  2. Masukkan mentega putih dan garam, lanjutkan menguleni hingga adonan kalis elastis. Bulatkan dan istirahatkan 30 menit.
  3. Kempiskan adonan dengan cara ditinju, lalu bagi adonan masing-masing 550gr. Bulatkan, lalu gilas, gulung padat memanjang. Taruh dalam loyang loaf yang sudah dioles minyak atau mentega putih. Diamkan selama 60 menit, hingga mengembang. Olesi bagian atasnya dengan campuran telur dan susu (1 btr telur, 2 sdm susu segar, ½ sdt garam, kocok lepas)
  4. Panggang dalam oven selama 20 menit, atau hingga matang dan permukaannya kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven, olesi segera bagian atasnya dengan mentega.

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

30 Comments

  • Reply
    Yana
    December 15, 2014

    Panggangnya pakai api atas atau bawah? Berapa derajat? Trims

  • Reply
    Tata
    December 29, 2014

    Mbak, bisa nda kalo air es di ganti sama susu cair dingin?

  • Reply
    iis
    February 26, 2015

    kira” berapa lama adonan biar jadi kalis baik manual atau pake mesin ?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 6, 2015

      Manual, mungkin sekitar 30-45 menit. Dengan mikser besar sekitar 20 menit.

  • Reply
    luviana
    March 25, 2015

    bu fatmah, ukuran loyang loafnya seberapa ya?

  • Reply
    noveriena
    April 7, 2015

    Bu Fatmah, bisakah bikin roti malam2..?
    Apa bisa ngembang ?

  • Reply
    Rina
    April 19, 2015

    Bu, kalo roti tawar gandum gimana caranya? anakku bolehnya makan roti tawar gandum

  • Reply
    sitha
    May 8, 2015

    Bu, ada ga ya resep roti tawar tanpa menggunakan telur… soalnya anak saya alergi telur …

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 18, 2015

      Di NCC belum ada bu, tapi ibu bisa googling, banyak sekali resepnya di internet.

  • Reply
    May 11, 2015

    Kalau saya baca resepnya, yang dibagi menjadi @550 gram, dan dihitung dari berat total bahan yang dipakai, apakah ini berarti menjadi 3 adonan/loyang? Tks

  • Reply
    zaskia
    June 1, 2015

    Bu fatmah, kalau mentega putihnya ingin saya ganti dengan butter apa bisa? Takarannya berubah ga ya bu?Makasih bu sblmnya.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 18, 2015

      Bisa saja, bu. Hanya saja hasilnya roti berwarna kekuningan. Takarannya sama.

  • Reply
    Maria
    July 30, 2015

    Kalau roti twrnya mau diisi coklat atau kismis bisa?? Bgmn caranya?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 31, 2015

      Tentu bisa. Mencampurkan bahan isi bisa dilakukan sebelum digilas, dengan cara mencampurkan begitu saja lalu diuleni hingga tersebar rata, gilas, gulung, letakkan dalam loyang. Atau bisa juga setelah digilas, taburi bahan isi, gulung, letakkan dalam loyang. Seterusnya proses sesuai resep. Yumm..!

  • Reply
    kelly
    August 14, 2015

    kalau untuk 1 loyang loaf ukuran 22x9x7 berarti pakai setengah resep saja yah bu? Terima kasih.

  • Reply
    Diny
    August 25, 2015

    Alhamdulillaah pertama bikin roti tawar hasilnya ngembang, tekstur bagus, rasa enak dan menyemangatkan juga jadi ajang bermain saya, suami dan anak bungsu bareng2 nguleni adonan adonan dari 1kg tepung jadi sktr 1,7kg saya bagi ke 3 loyang loaf kecil 22,5×12,5cm. Tawar, gulung coklat dan gulung keju, yumm. Saya ikuti resep 99% hanya nambah susu bubuk jadi 27gr (pake Dancow sachetan). Tapi lain kali saya mau kurangi garamnya jadi 10gr saja, tidak akan berpengaruh kan? Highly recommend recipe!

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 16, 2015

      alhamdulillah, selamaaat… sukses selalu untukmu, semoga selalu bermanfaat resepnya :*

  • Reply
    wati
    January 5, 2016

    bunda, apakah adonan rotinya ga dikasih pelembut roti, apakah tekstur rotinya lembut bun….

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 15, 2016

      Tidak perlu, Wati. Rotinya lembut kok. Yuk, dicoba saja ☺️

  • Reply
    Haifa
    February 3, 2016

    Siang mbak, mau tanya kalau adonan dipanggang 1 per 1 yang adonan nunggu gilirannya gapapa kan? Hehe soalnya cuman punya loyang roti kecil 1 dan niat bikin setengah resep dulu 🙂

  • Reply
    eko
    September 7, 2017

    manggangnya 20 menit disuhu berapa?

Leave a Comment