Donat a la Kafe

Meskipun donat kentang gak ada yang ngalahin, hihihi.. donat a la kafe juga cihuy donk buat dibikin sore-sore. Serasa habis menjarah kafe donat 🙂

Donat Ala Kafe

by Fatmah Bahalwan

Bahan A:

850 gr        tepung terigu protein tinggi/tepung terigu Jepang
30 gr          ragi instan
10 gr          garam
600 ml        air matang

Bahan B:

200 gr        tepung terigu protein tinggi/tepung terigu Jepang
10 gr          garam
60 gr          susu bubuk FC
125 gr        gula pasir
100 gr        telur
125 gr        mentega putih/shortening

Cara membuat:

  1. Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit diwadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang.
  2. Campur adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis, kurang lebih 10 menit. Istirahatkan diwadah tertutup selama 15 menit.
  3. Gilas tipis adonan setebal kurang lebih 1 cm, diamkan 10 menit, cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
  4. Goreng dalam minyak padat dengan api kecil saja hingga berwarna kuning kecoklatan.
  5. Angkat, dinginkan. Beri topping sesuai selera.

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

105 Comments

  • Reply
    Sari
    September 2, 2013

    Assalammualaikum,
    Mau tanya bu, kalis artinya tidak menempel lagi ya?, terutama diwadah?, kalau masih menempel ditangan bagaimana bu?, saya masih bingung karena adonan saya kemarin terasa masih lengket sehingga susah u/ dicetak. U/ garam, benar ada di adonan A dan B ya bu, gak keliru kan ya bu?, tx. Salam Kenal.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 3, 2013

      Wa alaykumussalam warrahmatullah.
      Dear Sari, ya benar, kalis artinya sudah tidak menempel di tangan, dan garam ada di adona a yg merupakan adonan biang, juga di adonan b. Adonan donat a la kafe ini sangat lembut dan sangat elastis, sehingga terkadang terlihat seperti masih lengket, padahal sudah kalis. Cara mengetes elastisitasnya adalah dengan mengambil sedikit adonan, lalu regangkan. Bila adonan dapat diregangkan hingga tipis menerawang tanpa sobek, maka adonan sudah elastis dan insya Allah juga kalis, karena prosesnya kalis dulu baru elastis. Yuk, coba lagi. Sukses untukmu ya.

  • Reply
    Ery
    September 16, 2013

    Ass ww ,bu sy mau tanya terigu jepang itu yg seperti apa ya
    ….tks

  • Reply
    indri
    October 3, 2013

    assalamu’alaikum
    mb fatmah,,,sy sdh coba resep ini tapi bentuknya kok ya ga cantik yah,hehehe…
    gimana ya mb spy donat terlihat cantik seperti mb diatas,memang ada ya cetakan donat?beli nya dmn mb….tq

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 4, 2013

      Halo Indri, donat a la kafe ini memang harus menggunakan cetakan donat. cetakan donat banyak dijual di pasar dan supermarket. Memasukkannya ke penggorengan jangan diangkat dengan tangan, pasti rusak melar bentuknya, tapi digeser masuk ke dalam penggorengan menggunakan sutil. Insya Allah donat akan cantik bentuknya.

      • Reply
        April 27, 2014

        bisa di share bu cetakannya seperti apa.

        • Reply
          NCC Indonesia Author
          April 29, 2014

          Cetakan donat biasa yang bolong tengahnya, banyak di pasar, bu.

  • Reply
    Puji
    November 4, 2013

    Assalamualaikum,,,,

    ibu saya mau tanya donk ko saya bikin donat udah beberapa kali tapi hasilnya kurang bagus dari segi tampilan ukuran donat nya tidak besar dan mengapa di dalamnya itu selalu belum mateng alias masih mentah.

    mohon diberikan saran dan ilmu nya ya bu.

    makasih.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 9, 2013

      Tidak matang di dalam, biasanya karena api terlalu besar. Api cukup sedang saja, kecilkan sedikit jika sudah menjadi terlalu panas. Ukuran tidak besar bisa karena pengembangan tidak sempurna atau ibu memang membuat ukurannya kurang besar. Agar ragi bekerja dengan baik, hindari ragi bertemu langsung dengan margarin dan garam. Mentega dan garam dimasukkan belakangan setelah ragi bercampur baik dengan tepung, air, gula, dan bahan lain menjadi bulatan adonan.

      • Reply
        sipur
        November 29, 2013

        bu, bagusan mana pake mentega putih/shortening dengan mentega kuning, misal kadar garamnya dikurangi dan diganti dengan mentega kuning. trus kok gak pake baking powder? kira2 kl pake baking powder bagus gak?

        • Reply
          NCC Indonesia Author
          December 1, 2013

          Mentega putih. Baking powder tidak diperlukan dalam resep ini, ragi saja sudah cukup.

  • Reply
    dwi
    November 6, 2013

    ass.bu fatwa…sy mau tanya, kira2 menu apa ya yang cocok untuk anak2 sekolah dasar, mksd saya cemilah saat jam istirahat? kebetulan rumah saya itu dekat dengan sekolah dasar, tp saya prihatin dengan jajanan yang mereka santap..sy ingin sekali menjajakan sesuatu tp yang menarik dan rasanya juga mereka suka…mohon arahannya bu.terima kasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 11, 2013

      Biasanya anak2 suka dengan makanan yg manis dan gurih. Bisa ibu buatkan menu seperti noodle cup fritata, bihun goreng, mie goreng, donat kentang, american risoles, dan menu snack lain yg ada di sini maupun di website lama sebagai variasi menu pilihan.

  • Reply
    aida
    December 7, 2013

    Assalamu’alaikum bu..
    Sore td sy bikin donat kentang resep ncc, alhamdulillaah laris, walaupun msh blm cantik. Pgn nyoba resep yg ini.. Tp untuk resep yg ini, telornya putih dan kuningnya ya? Trs kalo 100gr telor itu kira2 berapa butir? Mungkin 2 butir ukuran yg kecil ya? Sy blm punya timbangan. Heheh..
    Tksh sblmnya bu..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 10, 2013

      Halo Aida, Alhamdulillah, senang mendengarnya.
      Ya betul, resep ini menggunakan telur utuh, kuning dan putihnya. 100 gram telur kurang lebih 2 butir telur ukuran sedang. Selamat makan donat 🙂

  • Reply
    nanik
    December 13, 2013

    Assalamualaikum,,,,

    bu mau tanya maksutnya bahan biang itu apa ya??
    terima kasih 🙂

  • Reply
    Pramudita
    February 20, 2014

    Bu,saat nyetak donat kan nanti ada adonan sisa tu,kalo mau di bentuk donat lagi kan harus di satukan lagi,apa perlu di didiamkan lagi adonan nya bu?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      February 27, 2014

      Nah, khusus untuk donat a la kafe ini, sisa adonan yg sudah terpotong2 itu tidak cantik lagi jika disatukan dan dibentuk ulang. Bulatan2nya bisa digoreng, sisanya bisa saja disatukan lagi tapi seratnya nanti akan berantakan.
      Adonan tidak perlu didiamkan lagi.

  • Reply
    March 14, 2014

    Bu fat, kalau digoreng dengan minyak biasa akan berpengaruh di hasilnya ga? minyak beku itu merknya apa ya?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 20, 2014

      Dengan minyak beku hasilnya akan lebih kering dan tiris. Bisa saja digoreng dengan minyak biasa. Minyak beku contohnya merk Goodfry.

  • Reply
    ais
    March 30, 2014

    bu fat,tempo hari bikin donat resep ini,tp liat dr blog orang,eh kok ga ada gulpas nya ya? sempet mbatin juga tp tetep aja diterusin, rasanya stelah mateng asin,gak ramah d lidah saya. eh kok ya aslinya ada gulpasnya ternyata. huhuhu… knapa gak dr dulu liat langsung kesini?

  • Reply
    fitrah
    April 10, 2014

    bu, klo tepungnya d ganti dg tepung terigu biasa bisa g?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 10, 2014

      Bisa tapi tentu beda hasilnya. Jika tidak ada tepung terigu jepang, minimal gunakan tepung terigu protein tinggi.

  • Reply
    Ziza
    April 11, 2014

    Assalamu’alaikum…….bu’ sy mau nanya, smua yg bhn A itu dicampur menggunakan mixer atau cuman telurx sj yg dikocok pake kocokan tradisional, kemudian smua bhn diaduk jd satu pake tangan? Krn ada yg blng kalau pake mikser adonanx g’ akn kalis….tp sy serching d youtube bxk jg yg pake mikser………maaf orng awam soal masak memsk, br mau coba buatD:

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 19, 2014

      Bahan A atau bahan biang, cukup diaduk dengan sendok kayu. Menguleni dengan mikser bisa kalis dong, kalis banget malah. Ketika mencampur bahan A dengan bahan B, boleh dengan mikser, biarkan ia menguleni hingga kalis.

  • Reply
    Tunggal
    April 28, 2014

    Salam kenal Bu.
    Mau tanya, kalo tepung terigu protien tinggi, merk di pasaran apa ya Bu?
    Maap melenceng dikit, tepung terigu protein sedang, biasanya di pasaran merk apa?
    Makasih sebelumnya

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 29, 2014

      Protein sedang, kalau di Jakarta ada segitiga biru, protein tinggi ada cakra kembar. Kalau di daerah bisa lain lagi, baca saja kemasannya. Protein sedang biasa disebut juga tepung serbaguna.

  • Reply
    irna
    May 1, 2014

    maaf bu fat mau nanya, sy sdh pernah cb resep ini, mmg hslnya bs empuk, tp kok besoknya donatnya lgsg agak keras gt ya? trs air matang disini mksdnya air panas, anget, atau yg udh dingin?krn wkt itu sy makainya air matang yg sdh dingin (bkn air es). Terima ksh

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 2, 2014

      Bila disimpan dalam wadah tertutup rapat, donat akan awet empuk hingga 2-3 hari. Setelah itu dia akan keras, karena tidak diberi bahan pengawet atau pengempuk.
      Air matang maksudnya air bersuhu ruang, jadi ibu sudah benar.

  • Reply
    Elizta
    June 1, 2014

    Thx Full for Ncc & khususnya Mba Fatma!!!! Aku berhasil bikin Donat Ala Cafe nya! dari sekian lama penasaran dg resep donat yg hasilnya 1001 rasa Kesalll..kali ini berhasil! mau nyoba resep2 yg lainnya jg 😀 big hug

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 1, 2014

      Alhamdulillah.. Seneeeeng.. Sukses terus untukmu ya :*

  • Reply
    ndaru
    June 7, 2014

    Assalamualaikum bu fatmah. saya sudah bikin donatnya. alhamdulillah enak. cuma kenapa ada kulitnya? dan setelah beberapa jam menjadi keras. mohon bantuan bu. thx in advance

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 9, 2014

      Adonan roti dan donat harus selalu dalam keadaan tertutup untuk mencegah permukaannya menjadi kering seperti berkulit. Demikian juga setelah matang. Simpan dalam wadah tertutup rapat untuk menjaganya tetap empuk. Namun setelah 1-2 hari memang menjadi keras karena tidak menggunakan pelembut dan pengawet.

  • Reply
    lani
    June 17, 2014

    bunda fatma, mentega putih itu merknya apa ya??
    kalau beli mentega putih di TBK itu bisa ya? saya beli untuk buat buttercream, apa benar yang seperti itu? agak padat sih bun…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 19, 2014

      Merknya Blue Band White Cream Fat 🙂 Banyak di TBK. Iya betul, seperti yang untuk buttercream.

  • Reply
    Ziza
    June 19, 2014

    Assalamu’alaikum bu fatma..
    Bu’ sy mo nanya lg, klo merk mentega putih ap yah bu’ ? Soalx sy bis beli mentega putih dikasix blu band. Putih sm pegawai TBK, apa sdh benar tu’ bu?
    makasih…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 20, 2014

      Wa alaykumussalam warahmatullah
      Iya betul, itu mentega putih.

  • Reply
    Ayu
    August 2, 2014

    kalo di resep di tambah pengempuk donat seperti saf-instant atau Super GS gitu gimana ?
    dicemplungin di Bahan A atau B.

  • Reply
    pesek
    August 21, 2014

    Assalamu’alaikum bun.
    Kemarin saya udah coba sih resepnya. Enak banget bun cuma waktu pembuatan adonan saya gak ngembang. Setelah digoreng juga gak bantat. Rasa manisnya pas dan yg bikin saya bingung kenapa donat saya keesokan harinya keras kek batu ya bun. Mohon pencerahannya.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 23, 2014

      Maksudnya gimana ya? Adonan gak ngembang, setelah digoreng gak bantat. Jadi ngembang apa bantat sebenarnya?
      Agar donat tetap empuk, simpan dalam wadah kedap udara, donat tetap empuk selama 2 hari. Jika agak sedikit mengeras, itu wajar saja karena tidak menggunakan pengempuk dan pengawet. Kukus sebentar, donat akan kembali empuk.

  • Reply
    atri
    September 2, 2014

    assalamualaikum, bu fatma..kalo mau bikin donat panggang apa bisa menggunakan resep ini?
    terimakasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 4, 2014

      Sangat bisa. Hanya saja fermentasi terakhir dilakukan sampai satu jam atau lebih, sampai donat terasa ringan, baru dipanggang dalam oven bersuhu 180 derajat celsius sampai matang. Selamat mencoba ya

  • Reply
    betty
    September 18, 2014

    Selamat malam,Bu. Saya mau nanya bagaimana caranya mencampurkan bahan A dengan bahan B? Terima kasih.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 22, 2014

      Dicampurkan semua ke dalam satu wadah, lalu diaduk dan diuleni hingga kalis.

  • Reply
    Utie
    November 3, 2014

    Bu Fatma,
    Yang benar Ragi Instan 11 gram atau 30 gram, pada resep diatas ragi instan 11 gram, kemaren saya ikut praktek ragi instannya 30 gram. Terima kasih.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 7, 2014

      Utie, terimakasiiih atas koreksinya. Kamu benar, yang betul 30 gram. Kami sudah koreksi di atas ya.

  • Reply
    ira
    November 22, 2014

    assalamu’alaikum, bu fat.
    saya mau tanya, kalau kita mau buat roti setengah resep aja apa waktu proofingnya sama dengan di resep? atau setengah dari lamanya waktu proofing di resep? maturnuwun, bu.
    wassalam.

  • Reply
    kiky
    December 5, 2014

    Alhamdulillah donat ku bisa empuk bu fat pake resep ini ^_^
    Sebenernya knp diperlukan biang dan gag langsung di mixer jd 1 ya buk? Tujuannya ap ya kl blh tau?? Trimakasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 5, 2014

      Teknik ini menghasilkan roti yang lebih ringan kempus-kempus teksturnya dibanding teknik biasa, karena ragi berkembang lebih sempurna dan cita rasa pun lebih enak. Teknik biang ini juga banyak dilakukan pada roti taiwan dan pada penganan serta roti tempo dulu seperti bika ambon, bluder ekonomis, roti sourdough, dll. Sama seperti teknik biang roti (madre) pada pembuatan roti kuno eropa.

  • Reply
    December 20, 2014

    Assalamu’alaikum ibu… Sebelumnya terimakasih untuk resepnya. Saya mau tanya, kira2 kapan kita mulai mulai membuat adonan B? Apakah bersamaan dengan membuat adonan A? Apakah sama-sama didiamkan dengan waktu 90 menit baru kemudian keduanya dicampur? Terimakasih untuk infonya. Wassalam 🙂

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 21, 2014

      Tidak ada adonan B, bu. Yang ada bahan B. Ikuti persis urutan kerja seperti dalam resep.
      Wa ‘alaykumussalam wa rahmatullah wa barakatuh.

  • Reply
    yanti
    March 19, 2015

    Mbak Fatma, sy bingung kok di bahan A garamnya langsung dicampur? Katanya mentega dan garam hrs dimasukkan belakangan agar proses pengembangan ragi sempurna? Trims

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 23, 2015

      Betul, Yanti. Pada pembuatan roti tanpa biang, ya. Adonan A adalah adonan biang. Garam justru berfungsi mengendalikan perkembangan ragi agar tidak over fermentasi.

  • Reply
    resty
    April 6, 2015

    assalamualaikum,
    lapor bu, kmarin alhamdulillah sukses biking sparuh resepnya.. walopun bentuk donat ga simetris smua, rasanya enak.. habis dlm shari..
    insya Allah bsok2 latihan lagi..biar lbh mantap pnampilannya..
    syukron jzklh atas ilmunya ya bu..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 11, 2015

      Wa ‘alaykumussalam warahmatullahi wabarakaatuh.
      Alhamdulillah. Semoga bermanfaat terus ya.

  • Reply
    Ayu
    April 7, 2015

    Bu.. saya mau tanya klo mentega di ganti minyak goreng bisa ga? Berhubung anak saya alergi susu sapi jd ga bs makan pke mentega. Dan klo donat kebanyakan gula dan mentega itu bikin ga ngembang ya?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 11, 2015

      Mentega putih di Indonesia tidak terbuat dari susu sapi, tapi dari lemak kelapa sawit. Jadi ibu tetap bisa menggunakannya. Salam untuk si kecil, bu, semoga ia suka dengan donatnya.

  • Reply
    Sandila
    April 15, 2015

    Klo pake metode water roux apa bisa? Dengan bahan2 di atas? Saya masih penasaran setiap bikin donat ga pernah dapet cincinx 😥 Pengen nyoba resep yg ini

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 18, 2015

      Cincin donat donk gak ada hubungannya dengan metode pembuatan adonan, tetapi pada teknik menggorengnya. Jika anda bisa menjaga ketinggian donat tepat dan hindari menyiram minyak goreng ke donat ketika menggoreng, lalu membaliknya di saat yang tepat, in syaa Allah dengan latihan tekun, cincin donat bisa diperoleh dengan cantik seperti cincin saturnus.

  • Reply
    yani
    May 23, 2015

    Bu…mau tanya,adonan A didiamka,tu kan bahan ada ragi sama garam,kalau dicampur apa nga’ papa nanti sama adonannya,apa boleh dicampur sekali gus,air matang maksudya apa air hangat,makasih bu….

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 18, 2015

      Boleh bu, garam akan mengendalikan kerja ragi sehingga tidak over fermentasi. Air matang, suhu ruang saja.

  • Reply
    neni
    July 1, 2015

    Assalamualaikum Bu Fatmah,,setiap saya bkin donat tampilannya kurang menarik,tidak rata. Ada yg besar ada yang kecil ada yg bolongnya besar ada yang bolongnya kecil.
    Ada tips dari seorang teman klo sebaiknya adonannya di bekukan dahulu apa benar begitu bu.
    Terimakasih sebelumnya,,jazakallah

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 2, 2015

      Wah, ide bagus tuh, yuk dicoba dibekukan.
      Usahakan selalu adonan digilas sama tebalnya (untuk donat yang dicetak), lalu memasukkan donat jangan diangkat adonannya karena akan melar. Dorong perlahan dengan sutil hingga masuk ke dalam wajan. Karena itu nampan tempat donat harus dilapisi terigu tipis-tipis supaya tidak lengket dan donat mudah digeser.

      • Reply
        neni
        August 3, 2015

        Terimakasih jawabannya Bu Fat,,luv u full hehe

  • Reply
    nasywa nada
    July 26, 2015

    Salam kenal bu Fat…bu kalau blh tau buku ibu di jual dimana? karena saya tinggal di daerah terpencil apa bisa pesan di sini?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 28, 2015

      Bisa, silakan masuk ke menu Buku, ada cara pemesanannya di situ. Terimakasih, semoga bermanfaat 🙂

  • Reply
    Nunung
    August 3, 2015

    Bu says may Tanya klo says langsung pakai bahan B aja kira2 hasilnya gmn bu?

  • Reply
    hendra
    August 23, 2015

    mau tanya bu, kalo di donat merk terkenal itu ada bau khas yang kalo kita gigit masuk ke tenggorokan seperti tertinggal itu apa ya bu??apakah itu yang di sebut flavour, merk nya apa yang bagus ya bu kalo mau beli??trims bu

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 24, 2015

      Biasanya memang flavor yang meninggalkan after taste, meski tidak mutlak. Flavor yang bagus dan sudah halal certified a.l. Merk Golden Brown.

      • Reply
        tiyoso
        September 18, 2015

        misalnya mau kita tambah flavor ke resep ini….berapa gram ukuran yang mesti ditambahkan? ditambahkannya dibahan A atau bahan b?

        • Reply
          NCC Indonesia Author
          September 19, 2015

          Sebaiknya jangan tambahkan flavor ke adonan donat, tapi berikan di toppingnya.

  • Reply
    Muly
    September 15, 2015

    Ass.wr.wb bu fatma….
    Mau nanya nih, di resep ibu di bahan biang, ragi dicampur dengan garam…. setau saya ragi tidak boleh dicampur langsung dengan garam… bagaimana sebaiknya ya bu….
    Sebelumnya trima kasih…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 20, 2015

      Betul, jika di adonan rotinya langsung. Di adonan biang, garam justru berfungsi mengendalikan kerja ragi agar tidak over fermentasi. Bagaimana sebaiknya? Ikuti resep dengan baik, in syaa Allah jadi 🙂

  • Reply
    fia
    October 3, 2015

    Bunda….resep donat kentang ga ada di web ini ya?

  • Reply
    tiyoso
    October 26, 2015

    Bu Fatmah…ada donat yang warnanya hitam agak rasa2 kopi…itu pake apa ya….bisa diaplikasi di donat ala cafe di atas kah?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 20, 2015

      Mungkin pakai pasta kopi atau mocca pak. Bisa diaplikasi di donat.

  • Reply
    Devine
    November 4, 2015

    Sebelumnya terima kasih sudah share resep ini Bu Fat, mau nanya aja di tbk biasa ada ragi yang khusus untuk donat.. sebenarnya bedanya apa ya dengan ragi biassa seperti fermipan dkk?? orang tbk nya reccomend pakai yang khusus donat soalnya tapi karena nggak biasa saya tetap pakai yang fermipan dkk. Mohon inputnya Bu Fat. Terima kasih banyak…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 20, 2015

      Wah, harus ditanya ke yang merekomen donk ya 🙂

  • Reply
    fitri
    December 6, 2015

    Bu..sy mau tnya sy sring sx mmbuat donat dan rsnya jg lembut tp seratny agak kasar..ad solusinya gak bu.trims

  • Reply
    abu umaier
    December 16, 2015

    bismillah..saya newbie inthe kitchen..mau tanya boleh y bu ya..
    1.kalau raginy 11 grm aja gmn jdny?
    2.itu bhan yg B di aduk rata dlu trus baru d cmpur ke adonan biang apa gk prlu d aduk, lngsung di campur aja ya?
    3.klu tidak pakai cetakan dan tidak di gilas,misal stelah ulenin ampe kalis diamkan 15 menit trus di bulatin trus di diamin 10 menit lalu di bolongin pke tangan trus diamin lgi 10 menit lalu di goreng..akan berpengaruh tidak dngan rasa atau bntuknya???
    trimaksih bu..wasslam..

  • Reply
    abu umaier
    December 17, 2015

    oh iyya katanya klu pakai putih telur akan membuat donat keras,sdangkan resep ini memakai telur utuh..bgaimana itu bu?

    trus saya mau minta masukannya bu..kalau saya buat donat dngan resep ini untuk di jual seribuan bagus/cocoknya di bagi jadi brapa psc donat dengan menggunakn topping ceres….
    maaf svlumny bu trlalu banyak brtanya..
    jazakillah khoirot.

  • Reply
    fitri
    December 20, 2015

    Sy mau tny lg bu,Jika didlm resep donat tidak ad tertulis hrus mnmbhkn bread improver..ap boleh kita tmbhkn kdlmny..law blh brp tkarany bu?trims.

  • Reply
    fitri
    December 20, 2015

    Oiy bu..law mentega putih diganti mentega tawar merk ancor atw wisjman boleh nggak?

  • Reply
    tami
    December 25, 2015

    Bu saya mau tanya .. kalau pk menyega kuning gpp soalnya sy di daerah jauh cari mentega putih hwheheh plng hslny beda ya

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 13, 2016

      Bisa. Nanti hasilnya warna donatnga kekuningan.

  • Reply
    putra
    January 20, 2016

    Asslam..
    Bu fatmah, saya mau tanya. Mana yg lebih enak dan tahan lama, donat yg dipanggang apa yg digoreng,…? Dan mana yg lebih bagus utk dijual….. Soalnya saya belum prnah buat yg dipanggang dn gak ada alatnya… Trimksih

Leave a Comment