Snow Ball Coconut Cookies

Begitu keluar dari oven, gigit sedikit, ada cokelat putih leleh di dalamnya. Yummm… Setelah dingin, cokelat putihnya akan kletus-kletus digigit. Bikin yuuk..

Snow Ball Coconut Cookies

By Fatmah Bahalwan

Bahan A:

150 g mentega
75 g margarine
150 g gula halus
½ sdt garam
½ sdt vanili

Bahan B:

3 butir kuning telur

Bahan C:

300 g tepung terigu protein rendah
1 sdt baking powder
50 gr oatmeal, blender halus
40 g susu bubuk fullcream
50 g keju cheddar parut, dinginkan dalam lemari es

Bahan D:

200 g coklat putih, potong dadu kecil
Kelapa kering
Gula donat untuk taburan

Cara membuat:

  1. Kocok bahan A hingga mengembang. Masukkan bahan B, kocok lagi sebentar. Matikan mikser. Masukkan bahan C kecuali keju sambil diayak, lalu masukkan keju, aduk rata dengan pastry blender atau sendok kayu.
  2. Ambil satu bulatan kecil adonan, tipiskan di tangan, lalu masukkan potongan coklat putih, bulatkan lagi, gulingkan pada kelapa kering. Susun di atas loyang. Panggang hingga matang, dinginkan.
  3. Taburi dengan gula halus, simpan dalam wadah rapat yang kering.

 

 

18 Comments

  • Reply
    ayu
    July 11, 2013

    mbak, itu kan ada mentega sm margarin, kan beda itu yah, kalo margarin kan byk yg jual, kalo mentega mereknya apa ya? trus apa mentega bisa dgnti margarin semua?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 12, 2013

      Mentega atau butter antara lain merknya Anchor, Elle Vire, Wijsman, Blue Triangle, Lurpak, dll. Mentega bisa diganti margarin semua.

  • Reply
    DInda
    July 16, 2013

    Halo mba mau nanya ini oven ya brp ya suhunya? Dan untuk berapa lama? Makasih sblmnya

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 16, 2013

      Pemanggangan kue kering menggunakan oven suhu rendah, lebih kurang 140 derajat Celsius. Kurang lebih 30-40 menit, tergantung besar oven, banyaknya kue dan kekuatan api.

  • Reply
    Ikadina
    August 9, 2013

    Mba..

    Kalau tidak pake susu bukbuk gantinya dengan apa yah?? Pengaruhnya besar sekali nggak kalo nggak pake susu bubuk? Terima kasih 🙂

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 10, 2013

      Halo ika, jika tidak pakai susu bubuk, gantikan dengan terigu atau tepung maizena sejumlah sama. Pengaruhnya adalah kamu akan kehilangan aroma susunya tentu saja 🙂

  • Reply
    Ayi
    August 11, 2013

    Aku dah coba bikin cookies ini alhamdulillah anak2 dan suami pd suka. Gurih manis dan nyessss :). Terima kasih….

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 11, 2013

      Alhamdulillah.. sama-sama terimakasih, Ayi 🙂

  • Reply
    Chen
    November 17, 2013

    Hii…oatmeal kalo pake yg instan apa akan beda rasanya…. Saya coba pake quaker oat yg merah di blender jd bikin rasa kasar di kukisnya, selain kasar dari kelapanya….. Thx ya

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 19, 2013

      Gunakan rolled oats, bukan oat instan. Oat instan sudah ditambahi bahan lain yg reaksinya bisa berbeda dengan oat yg digiling (rolled).
      Oat ketika diblender akan menjadi halus dan menghasilkan kukis yg “kempus-kempus”. Mungkin itu yg kamu sebut kasar.

  • Reply
    itsna
    April 6, 2014

    bu fat..itu di resep ada kelapa kering, apa kelapa parut biasa yg dikeringkan atau gmna? atau di TBK ada kelapa kering?
    terima kasih..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 10, 2014

      Dessicated coconut, tersedia di tbk dalam bentuk siap pakai.

  • Reply
    itsna
    June 4, 2014

    bu, kalo coklat putihnya saya ganti pake kismis gpapa kan bu?
    tapi saya sebar, bukan ditaruh di tengah kuenya..
    kira2 kalo pake kismis, pake berapa gr ya bu?
    terima kasih..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 5, 2014

      Gak ada yang marah sih bu, hihihi.. Jumlahnya sesuka hati, tambahkan sedikit demi sedikit hingga sebanyak yang diinginkan.

  • Reply
    June 7, 2014

    Bu fat. Salam centong melayang. Hehehe… bu, misalkan oats diganti dengan corn flake bisakah?

  • Reply
    ila
    August 8, 2014

    Bu Fat, saya sudah coba tapi kok cookiesnya agak keras yah setelah dingin.
    Disebabkan apa yah bu kira”?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 10, 2014

      Terlalu lama memanggang atau oven terlalu panas.

Leave a Comment