Sagu Keju

Jangan tertukar tepung sagu dengan tapioka ya, nanti keju sagunya berbunyi “klethak” dan bukan “prul” 🙂

Sagu Keju

Fatmah Bahalwan

Bahan:

300gr   tepung sagu (sagu tani)
2 lbr     daun pandan
100 gr  margarine
50gr     mentega
150gr   gula halus
1 btr     kuning telur
100gr   keju edam, parut
50ml     santan kental

Cara membuat:

  1. Sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat,dinginkan.
  2. Kocok margarine dan mentega hingga lembut, masukkan gula, kocok rata. Tambahkan kuning telur, kocok rata. Masukkan keju parut, kocok sebentar saja, matikan mikser.
  3. Masukkan tepung sagu secara bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
  4. Masukkan adonan kedalam plastik  segitiga, pasang spuit bintang, semprotkan kedalam loyang kue kering yg sudah dioles mentega.
  5. Oven selama kurang lebih 40menit.

 

226 Comments

  • Reply
    July 22, 2014

    salam kenal admin, kebetulan saya juga hobby buat kue dan cukup banyak terisnpirasi dari blog ini semoga tetap jaya selalu, terima kasih

  • Reply
    alice
    July 23, 2014

    Klo keju edam d gnt sma keju cheddar, perlu brp bnyk spy hasilny bisa yummy jg??

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 27, 2014

      Keju cheddar tidak bisa menghasilkan rasa keju yang sama kuatnya dengan edam. Keju edam bisa digantikan dg cheddar dalam jumlah yg sama, tapi rasa tidak sama.

  • Reply
    Cornelia
    August 3, 2014

    Kak kalo misalnya aku cuma pake margarine semuanya aja boleh tidak ya? Kalo ingin ditambahkan susu bubuk bisakah? Makasih ya kak

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 5, 2014

      Boleh donk. Jika ingin menambahkan susu bubuk, kurangi sagu sejumlah susu bubuk yang ingin ditambahkan.

      • Reply
        Cornelia
        August 8, 2014

        Aku udah bikin. Wahhhh dimulut lumer bgt. Cuma pake cheddar pun tetep enak. Bentuk gak beleber hihi. Tapi susah ya nyari tepung alini ini di carefour&hypermart gada nemunya di giant hehe. Makasih ya kak:))

        • Reply
          NCC Indonesia Author
          August 10, 2014

          Cihuy, alhamdulillah.. ya udah kamu jalan-jalan dikit ke Giant deh 🙂
          Semoga bermanfaat terus, sukses selalu buatmu.

  • Reply
    asri
    August 4, 2014

    Barakallah buFat atas resep2nya… mau tny bun itu spuitnya pake no brp ya kog bs cntk gt… trs cara spuitnya gmn saya kog gak bs bntk yg sebagus itu. Trmksh

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 5, 2014

      Gunakan spuit bintang no. 199 atau no. 22. Cara menspuitnya diputar kecil sambil menekan adonan agak kuat.

  • Reply
    iedha
    August 9, 2014

    ass bun,,mw nanya untuk tepung sagunya,ditimbang 300 gr baru dsangrai,atau tepung disangrai dlu bru ditimbang sebanyak 300 gr? takudnya,jangan2 kalo ditimbang dlu,baru disangrai beratnya akan menyusut…
    terimakasih bund. www

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 10, 2014

      Tidak masalah ditimbang dulu baru disangrai atau sebaliknya, tidak jauh berbeda beratnya. Menyangrai tidak perlu terlalu lama, asalkan daun pandan sudah mengering, tepung sagu sudah boleh diangkat.

  • Reply
    Anindya
    September 2, 2014

    Bunda, tepung sagu (sagu tani) dan tepung larut itu sama atau berbeda ya? Bisa atau tidak bila yang saya gunakan tepung larut? Terima kasiiih.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 4, 2014

      Berbeda. Tepung larut dan tepung sagu berbeda bahan bakunya. Bisa saja saling menggantikan dengan hasil akhir yang berbeda juga. Langsung dicoba saja bu, kami tunggu laporannya.

  • Reply
    Devine
    November 13, 2014

    Salam Kenal Bu Fat,

    Terima kasih untuk resep resep enak nya…. untuk yang kue sagu ini oven nya berapa derajat ya bu?? hehe mohon info nya bu…. Terima kasih.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 15, 2014

      Untuk kue kering panas oven cukup rendah saja, sekitar 120-140 derajat celsius.

  • Reply
    luviana
    November 17, 2014

    bu fat, mau tanya, untuk keju edamnya apakah bisa diganti dengan keju parmesan? terimakasih bu

  • Reply
    Hommy
    December 16, 2014

    Bu, jika loyang dipakein kertas roti, apakah kertas rotinya dan juga loyangnya, keduanya perlu diolesi mentega lagi bu?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 18, 2014

      Ya, perlu. Mentega pada loyang sekedarnya saja, hanya untuk melekatkan kertas. Jika pakai baking paper yg putih, tidak perlu dioles mentega baik loyang maupun kertasnya.

      • Reply
        Hommy
        January 5, 2015

        Bu, terima kasih resep sagu kejunya yahud sekali. Mantap hasilnya bu. Saya sudah coba sampai 3x resep.

        nah sekarang tepung sagu bersisa 175 gram. saya masih pengen buat lagi tp di kota kecil ini, tepung sagu putih langka dicari, kalau indomaret kosong, maka ga ada yg jual. Kira-kira kalau untuk bikin 1x resep, boleh ga ya bu saya tambahin tepung terigu? atau maizena? Kalau cuma 1/2 resep, kok rasanya nanggung banget.. Terima kasih ya bu.

        • Reply
          NCC Indonesia Author
          January 7, 2015

          Hasilnya akan beda kalau dicampur terigu atau maizena. Silakan kalau kamu ingin coba, kue akan tetap jadi dan enak, hanya beda di tekstur.

  • Reply
    Nevita
    December 21, 2014

    Minta infonya untuk santan kentalnya bisa pake yg instan gak seperti kara?
    Gbu

  • Reply
    sawitri
    January 31, 2015

    Enaak,, ğα‎ķ kalah dgn bakery mahal sebelah xixii.. Cuma sulit spuit-nya, jd pake sendok aja. Makasih Bu Fat 🙂

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 8, 2015

      Jika sulit dispuit, tambahkan 1-2 sdm santan hingga mudah dispuit.

  • Reply
    Fitria
    February 3, 2015

    Salam kenal Bu Fatma,

    Bu mau tanya, saya pernah baca beberapa artikel kalo keju harus dijemur dahulu supaya nanti hasilnya pas dimakan terasa kriuk, apakah mengenai dijemur atau tidaknya keju terlebih dahulu berpengaruh bu untuk menciptakan “kriuk” nya,,?

    Trima kasih bu

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 8, 2015

      Ini berlaku untuk keju cheddar yang teksturnya lembut basah, dan tidak perlu dijemur, setelah diparut, didiamkan sebentar saja di dalan kulkas hingga keju mengering, baru digunakan.
      Sementara untuk keju tua seperti edam dan parmesan, teksturnya sudah kering, tidak perlu lagi di-kriuk-kan, dia sudah kriuk badai 😀

  • Reply
    Linda
    March 6, 2015

    Uda dicoba resep nya. Rasa nya sih uda pas cuman pada pengen rasa lumer dalam mulut. Yg sekrg ini rasa nya gurih tapi pada bilang ga cukup lembut. Apa ya yg bisa aku nambahin ato tukerin? Mohon nasehatnya. Makasihh.. =)

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 8, 2015

      Sini dikasih nasehat ya. Kamu rajin-rajin belajar supaya naik kelas. Hihihi..
      Ini super lumer in your mouth loh. Kalau masih kurang lumer, wah ya mungkin harus hunting resep lain yang sesuai standard kelumeranmu 🙂

      • Reply
        emma
        May 13, 2016

        Mungkin overbaked ya bu kalo jadi kurang lembut atau suhu ovennha kepanasan…

        Bu Fatma ini 1 resep hasilnya dapat berapa gram?

        • Reply
          monika
          June 22, 2017

          Wah resep ini superlumer bgt kook.. andalanku bgt untuk jualan, pada banyak yg kesengsem 🙂

  • Reply
    dhiah
    April 10, 2015

    Beda maargarin dan mentega apa ya bun

  • Reply
    wiwied
    April 23, 2015

    Bu…mau tanya. Maaf sebut merk.saya pernah bikin resep ini pake tepung sagu merk Alini, dan tepung sagu tapioka merk pak tani. Apa bedanya? Satunya hanya ditulis telung sagu. Satunya lagi tepung sagu tapioka.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 18, 2015

      Nah, kamu sudah bikin kan? Gimana, beda gak hasilnya? Yang dengan Alini semestinya lebih bagus hasilnya.

  • Reply
    mae
    May 17, 2015

    sis mau tanya itu pki spuitnya spt apa ya? terima kasih

  • Reply
    susan
    May 19, 2015

    terimakasih bu resepnya..pertama kali bikin langsung berhasil.. rasa sesuai dengan yg di inginkan..lumer banget di lidah .. TOP bgt
    oia bu keju edam sy ganti chedar semua..
    terimakasih banyak bu fatmah

  • Reply
    Ida
    June 5, 2015

    Malem bu,saya sudah menggunakan sesuai resep,tapi knapa ya kok adonan nya setelah di panggang meluber gitu?
    Mohon pencerahanya…trimakasih

  • Reply
    melani
    June 11, 2015

    Bu, tiap kali buat keu sagu kenapa suka meleber kue nya

    • Reply
      khanza
      June 22, 2015

      cb bantu jwb pertanyaannya yaa…hehee…
      biasanyaa,,klo setiap x di oven adonannya meleber itu krn kurang tepung…. itu juga menurut pengalaman aq lhoo….silahkan dicobaa untuk mnambahkan tepungnya lagii……^_^

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 28, 2015

      Terlalu lama mengocok mentega.

      • Reply
        Nienur
        June 12, 2016

        Iya nih yg saya juga meleber tuh kue nya. Ditambahin lagi sagu nya malah keras adonannya,,nyempritnya jadi susah

  • Reply
    septri
    June 16, 2015

    Bu saya mau tanya pas dioven knpa adonan nya meleleh ya bu?kira2 ap sebabnya…terima kasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 26, 2015

      Terlalu lama mengocok mentega. Cukup 1-3 menit saja.

  • Reply
    erna
    June 24, 2015

    bunda fat, utk keju edam yg diparut itu,, dipanggang dl ga ya dan di beri tepung sblm di masukan ke adonan..mksh

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 26, 2015

      Dipanggang dulu tidak perlu. Diberi tepung dulu boleh saja, meski tidak mutlak. Jika maksudnya ingin memperoleh tekstur keju yang kreskres, bisa dengan menyimpan keju yang sudah di parut di dalam kulkas hingga kering.

  • Reply
    opie
    June 26, 2015

    Bun boleh nggak kalo santannya diganti pake susu kental manis

  • Reply
    inne
    June 29, 2015

    maaf mau tanya kalau untuk hasil kue terbaik lebih baik memakai tepung sagu alinin atau sagu tani merbabu?terima kasih

  • Reply
    inne
    June 29, 2015

    Maaf mau tny lebih bagus mana alini sama merbabu?untuk hasil kue yang lebih baik.mohon sarannya.terima kasih

  • Reply
    Ika
    July 2, 2015

    Bunda mau tanya, anak saya alergi santan kelapa. Bisakah santan kelapanya diskip atau diganti bahan lain? Terimakasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 18, 2015

      Bisa diskip atau diganti susu tapi rasa akan beda.

  • Reply
    anissa
    July 5, 2015

    Assalamualaikum bu fat. Terimakasih bnyk utk resep sagu kejunya,enak sekali sampai akhirnya sy terima beberapa toples pesanan. Hihi. Sy suda berulang kali membuat sagu keju ini tanpa cela,dlm arti enak dan lumer di mulut,tp td malam sy buat hasilnya sangat kering dan keras. Untuk 3 resep sy menggunakan 450gr blueband dan akhirnya ditambah 50gr mentega. Adakah yg salah bu fat? Semua suda sesuai takaran dan memakai merk yg sebelum2nya sy pakai. Mohon arahannya. Terimakasih banyak ☺

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 18, 2015

      Kadang kala ketika membuat dalam jumlah banyak, lebih dari 2 resep, resep membutuhkan modifikasi. Buatlah maksimal per 2 resep. Jika seperti ini, terlalu kering dan keras, tambahkan santan sedikit demi sedikit hingga bisa dicetak.

      • Reply
        Leen
        January 10, 2020

        Menambahkan santannya… pada tahap akhir sebelum di spuit yah?…

        Caranya bagaimana..apakah cukup diaduk dengan spatula saja?

  • Reply
    hawa
    July 9, 2015

    Mau tanya.. Tadi saya coba eksekusi bahan takarannya sudah pas prngocikan pun hnya 1mnit tapi knp adonan nya tetep mleber ya. Jd 1/2 adonan lg sy smpn d kulkas krna udh g moot.. Mohon pencerahannya apa y hrs sy lakukan dg sisa adonan

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 18, 2015

      Sagu taninya merk apa?

      • Reply
        Yunita
        July 21, 2015

        Ass bu. Saya sdh sering bikin sagu keju ini. Alhamdulillah, hasil enak, lumer, dan cocok sama selera keluarga. Kmrn saya bikin, karena tidak ada sagu merek merbabu atau alini, saya pake sagu merek pak tani gunung. Lha kok adonan jadi meleber. Pdhl waktu mikser, seperti biasa. Sekitar 2 menit. Apa ada efeknya dari merek sagu tani nya ya bu. Makasih.

        • Reply
          NCC Indonesia Author
          July 22, 2015

          Ya, betul sekali. Tepung sagu cap pak tani gunung setahu saya bukan tepung sagu, tapi tepung tapioka.

  • Reply
    Rima
    July 19, 2015

    Bu, kalo pakai oven listrik, pakai api atas atau bawah ya? Atau kedua duanya??

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 22, 2015

      Tergantung bagaimana kamu mengenali ovenmu. Coba dulu pakai atas-bawah. Sesuaikan bila perlu.

  • Reply
    nani
    July 28, 2015

    Alhamdulillah.. Berkat resep2 kuker bu fat, aku bisa menambah dapurku lebih ngebulll.. Apalagi sgu keju ini jadi favorite pelangganku… Terimakasih yaa Allah, terima kasih bu fat.. Semoga Allah menambahkan sll banyak ilmu bermanfaat buat ibu dan kru NCC..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 31, 2015

      Aamiin, Allahumma aamiin.. Doa yang sama untukmu

  • Reply
    Yanti
    September 14, 2015

    Halo Bu Fat 🙂
    Di Holland gak ada sagu kalopun ada biasanya di pasar malam yang setahun sekali, tapi warnanya rada rada coklat . Biasanya di kedai orang Ambon.Tapioka yang bertebaran di toko Asia. Pengen coba resep Ibu deh ( walo harus dengan tapioka ). Jangan di getok pake centong ya bu.. Kasihanilah kami yang gak punya sagu. Semoga bunyinya juga prul bukan klethak.. Wwkkkkwkkwkkk…

    Peluuuuk dari Holland

  • Reply
    nurul
    February 11, 2016

    assalamualaikum bu,fat resepnya siap utk dicoba kebetulan dirumah ada tepung ararut dan ingin ditambahkn emplex. semoga nanti buatnya berhasil. amiin.

  • Reply
    Putri
    February 24, 2016

    Halo ibu… resepnya mantappp.. thanks for share.. saya ga usah beli lagi skrg.. masak sendiri lebih enakkk ♡♡

  • Reply
    Erna
    May 3, 2016

    Assalamu’alaikum.. Bu, mau tanya. Karena kelamaan mengocok adonan, mentega nya jadi mencair sampai saya bisa tuang ke mangkuk kecil. Jadi patah semangat nih. Masih bisakah adonan di perbaiki & digunakan. Bahan apa lg yg saya harus tambahkan? Skrg adonan saya taruh di kulkas. Makasih ibu…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 11, 2016

      Wa ‘alaykumussalam warahmatullah. Bu Erna kalau perlu fast response bisa ke FB saya, bu. Di web khusus slow response.
      Masukkan adonan ke kulkas sampai beku lagi, lalu proses seperti biasa.

  • Reply
    ade
    May 6, 2016

    assalamu’alaikum buat kru ncc,, mantap bu fat resepnya sampe lebaran tahun kemarin saya jadi jualan dadakan. tapi bu pas buat pesanan terakhir kok adonan nya meleleh ya bu padahal semua bahan dan takaran sama seperti awal saya buat sampai resep saya otak atik. mohon bantuan nya ya bu, maaf jadi curhat saya maklum anak sekolah yang lagi semangat belajar nyari uang sendiri.
    heheheheh

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 11, 2016

      Kamu ganti merk sagu? Ada beberapa merk sagu yang menghasilkan kue yang kurang bagus. Gunakan merk Alini atau Merbabu. Sagu ya, bukan tapioka. #bukaniklan

  • Reply
    clara
    May 19, 2016

    bu itu resepnya jadi berapa gram ya?
    trma kasih

  • Reply
    yulia
    May 23, 2016

    Assalamu’alaikum.. Bu, mau tanya boleh ya :)..kalau gula halus diganti dengan palm sugar bisa ga ya? Kalau bisa, berapa gram ya bu.Temen pesen buat anaknya yang diet gula dan susu, jd minta tlg buatin tapi tanpa gula halus dan keju . Mohon arahannya ya Bu, biar kue sagu ini aman konsumsi buat anaknya…sebelumnya terimakasih ya Bu.

  • Reply
    Rayya
    May 31, 2016

    Salam kenal bunda, saya sudah coba resep bunda ini bbrp kali dan selalu oke, kmrn saya kepikiran bikin, saya coba pake tepung tapioka merk pak tani, hasilnya beneran bunyi kletak bun….nnyesel juga knp harus bereksperimen yg aneh2, diatas pun kan udah dibilangin bunda jangan pake tapioka nanti ada bunyi kletak… kapok bun… back to basic aza sesuai instruksi pake sagu tani… heheee

    • Reply
      indriani irawan
      June 17, 2016

      Mbak resep di atas jdnya berpa gram hasil akhinya ?

      • Reply
        NCC Indonesia Author
        July 30, 2016

        Rata-rata resep kue kering menghasilkan 500-600 gram kue.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 17, 2016

      Hahaha, seru deh kamu.. Ya sudah nurut ya

  • Reply
    Anissa
    June 13, 2016

    Assalamu’alaikum, Bu Fatmah…
    Ada yg ingin saya tanyakan.. Baru2 ini saya tahu ada B.O.S (butter oil subtitute), yg katanya tdk kalah enaknya dg butter & margarine. Apakah BOS ini bisa jd campuran kue2 kering (sagu keju, jastar, putri salju, kastangel) ya, Bu? Apakah akan mengubah teksturnya juga?
    Terima kasih sekali sdh share resep2nya. Saya sdh coba resep sagu kejunya, alhamdulillah benar2 lumer ngeprul enak sekali.. Harus coba resep2 kue kering lainnya nih utk persiapan lebaran.
    Sukses & sehat selalu ya, Bu Fatmah…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 30, 2016

      Wa ‘alaykumussalam warahmatullahi wabarakaatuh.
      Bisa, Anissa. BOS adalah olahan lemak nabati yang diberi aroma butter. Biasanya digunakan untuk menggantikan mentega, atau dicampur 1:1 dengan margarine. Tidak mengubah tekstur, sama dengan tekstur kue jika pakai mentega atau margarin.
      Sukses untukmu ya..

  • Reply
    vera
    June 14, 2016

    Bun… aku kenapa susah banget nyepuitnya nya?? Sampe pada jebol plastik segitiga nya padahal dobel. Akhirnya aku cetak aja pake cetakan kaastengel. Ada yg salah dengan caraku bun?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 30, 2016

      Tambahkan sedikit santan hingga bisa dispuit dengan mudah.

  • Reply
    indriani irawan
    June 17, 2016

    Mbak klo margarinya 250 gram seberapa banyak ukuran bahan” yg lainnya . Thx

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 30, 2016

      Hitung perbandingannya, lalu kalikan dengan faktor pengali yang didapat. Hayo jangan malas menghitung sendiri.

  • Reply
    mia
    June 22, 2016

    Bu saya mau nanya saya bikin adonannya malam di bentuk pagi setelah sahur basi g y

  • Reply
    Melly
    June 24, 2016

    assalamuallikum bund, mau tanya bund kalau di tambahkan susu bubuk, kenapa harus di kurangi tepung sagunya?
    trs kalau sagu nya tetap 300gram apa tetap bisa ..
    terimakasih bund sebelumnya❤
    mohon balasannya ya bund
    assallamualaikum

  • Reply
    rani
    August 30, 2016

    alhamdulillah resepnya udah dicoba berkali”. tapi pake tapioka merk pak tani. dan ngeprrruuuulllll banget. pernah coba pake tepung sagu yang warnanya agak coklat, dan hasilnya sangggaaatttt mengecewakan. warnanya egk menarik dan sekali sentuh langsung remuk. dikotaku tiap mo beli sagu tani, kenapa selalu diberi yang coklat ya??? emang bedanya sagu tani ma sagu apa ya bund??? *garuk-garuk kepala pake centong

Leave a Comment