Lidah Kucing Keju

Perhatikan, loyang lidah kucing digunakan bagian cekungnya. Jadi posisi loyang terbalik. Dengan demikian lidah kucing akan tercetak cantik-cantik. Biasanya sih, setelah merasakan enaknya lidah kucing ini, lupa deh sama kaastengels..

Lidah Kucing Keju

Fatmah Bahalwan

Bahan:

250 gr        Mentega
75 cc         Putih telur
140 gr        Gula halus
150 gr        Keju cheddar parut
225 gr        Tepung terigu
60 gr          Maizena
50 gr          Keju parut untuk taburan

Cara Membuat:

  1. Kocok mentega dan gula hingga mengembang benar. Masukkan putih telur, teruskan mengocok hingga rata.
  2. Masukkan tepung terigu dan maizena, kocok perlahan selama 1 menit hingga rata. Masukkan keju parut, aduk rata. Masukkan adonan ke dalam piping bag (plastik segitiga), gunting ujungnya.
  3. Poles loyang dengan mentega. Semprotkan adonan ke dalam loyang, taburi bagian atasnya dengan keju parut.
  4. Panggang dengan panas 150 derajat celcius  selama ± 20 menit.

Catatan:

Lidah kucing keju ini tidak akan terlalu melebar seperti lidah kucing biasa karena adanya keju. Karena itu, semprotkan adonan agak besar/lebar.

Related Posts

48 Comments

  • Reply
    salitah
    May 29, 2013

    Maaf ya, boleh saya tahu, Maizena dicampur kan waktu bila? sebab dalam cara membuatnya tak di catitkan…btw, Maizena tu apa?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 30, 2013

      Iya bu, ibu betul sekali, kami salah ketik. Sudah dikoreksi di atas ya, dan terimakasih atas koreksinya.
      Maizena itu tepung jagung atau cornstarch.

  • Reply
    Lina
    June 10, 2013

    Mbak,

    Ini kira2 kalau ukruan toples 350gr, bisa jadi brp toples ya?

    Makasih

  • Reply
    sari
    June 19, 2013

    mbak….untuk tahap pertama mengocok berapa lama,saya suka bingung secukupnya itu berapa lama,mksh.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 19, 2013

      Hingga mengembang, sari. Warna mentega pucat dan volumenya mengembang lemes banget.

  • Reply
    feni
    June 25, 2013

    Apakah resep ini bisa digunakan untuk lidah kucing biasa ( non keju) dengan meniadakan kejunya..

  • Reply
    emma
    June 30, 2013

    mbak,gula halus maksudnya gula kastor ya?kalo pakai gula tepung bisa ga?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 30, 2013

      Hi Emma,
      Gula halus maksudnya adalah gula bubuk/gula tepung.

  • Reply
    dyan
    July 8, 2013

    mba, mengembang benar itu smpai kaku ya, atau smpai sperti buat kue sponge gitu

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 9, 2013

      Sampai lembut dan volumenya mengembang hingga hampir du kali ukuran semula.

  • Reply
    lala
    July 12, 2013

    bu maaf mau tanya..
    mentega nya merk apa ya yg enak? trus gak dcampur dengan margarine kah?
    mohon pencerahan, masih bnr2 pemula.. makasih :)

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 15, 2013

      Wysman. Boleh saja kalo mau dicampur margarine.

      • Reply
        lala
        July 16, 2013

        Kalo wysman nya 50 gram dan margarine nya 200 gram, rasanya tetap enak gak bu?

        • Reply
          NCC Indonesia Author
          July 16, 2013

          Tentu enak, Lala. Tapi ini masalah selera, jadi dicoba saja ya, dan biarkan lidahmu yang menentukan.

  • Reply
    diahayu
    July 20, 2013

    Maaf mbak aku ingin tanya, pemula mau coba bikin kue tahun ini untuk lebaran :D Kalau mentega digantikan margarin apakah tidak mempengaruhi suhu panggang ? Lebih baik diganti butter oil substitute atau jangan diganti sama sekali ? Karena aku suka ikut resep dari luar negri yang cenderung lebih mahal bahannya, memang rasanya beda tapi agak kurang sesuai dengan lidah indonesia hehe

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 21, 2013

      Tidak mempengaruhi suhu panggang. Bisa diganti margarin semua ddngan hasil tetap enak. Sesuaikan dengan seleramu saja :)

  • Reply
    ajeng
    July 28, 2013

    tante, kalo aku mau tau resep pembuatan siomay dimana ya? makasi tante sebelumnya…

  • Reply
    nuniek
    July 30, 2013

    Sist….menyemprot adonan lidah kucing ke loyang’y spt apa sih?saya coba g sukses2….selalu bentuk jari g mw oval….mahon di bantu sist. Makasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 31, 2013

      Karena adanya keju, lidah kucing keju ini memang tidak meleber seperti lidah kucing biasa. Keju menahan adonan sehingga tidak meleber oval. Kalau diinginkan bentuk oval, semprotkan bentuk oval dari awal.

  • Reply
    LILI
    July 31, 2013

    75 cc Putih telur ini kira-kira berapa buah telornya mbak yg cuantik?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 1, 2013

      Putih telur dalam 1 telur utuh berjumlah kurang lebih 30ml. Jadi 75 ml kurang lebih 2 telur atau 3 telur kalau telurnya kecil2.

  • Reply
    yuni
    August 2, 2013

    Bu Fat,kejunya di taruh sblm menuangkan adonannya ato gmn ya?sy liat loyangnya aja dah bingung gmn ni nyetaknya???hehe…#pemulabgt#

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 4, 2013

      dear Yuni, coba baca lagi resepnya: semprotkan adonan ke dalam loyang, lalu taburi keju parut. Jelas ya? Adonan disemprotkan ke dalam cekungan-cekungan dangkal pada loyang. Mudah-mudahan gak bingung lagi ya :-)

  • Reply
    Endah
    August 3, 2013

    Mba mau tny, itu putih telurnya dikocok terpisah dl smpai mengembang atau lngsng dicampur keadonan yg mentega ya?terima kasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 4, 2013

      Kedua cara tersebut bisa digunakan dengan hasil yang sama bagusnya. Dalam resep di atas, putih telur langsung dicampurkan dan dikocok bersama mentega dll.

  • Reply
    merysa
    September 28, 2013

    mbak, gmn cara jadi anggota ncc

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 2, 2013

      Daftar di kelurahan, hihihi..
      Masuk milisnya aja, Merysa. Linknya ada di menu Community, klik NCC. Selamat dataang…

  • Reply
    yatie
    October 9, 2013

    Bu..pas nyoba resep ini kog jadinya agak keras ya gak seperti yg ori , mohon bantuannya ya bu, makasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 13, 2013

      Kocoknya kurang lama.

      • Reply
        icha
        June 12, 2014

        Maaf min mo nanya,kita2 ngocoknya brp lama?trus kira2 klo kuenya tengahnya msh blm kering padahl pinggir dah kering,api dah sesuai malah dah ditambah waktunya.apa karna da kejunya.makasihh

  • Reply
    anne
    May 14, 2014

    bu, untuk membuat lidah kucing biasa selain kejunya dhilangkan apa ada bahan lain yg perlu dtambah ukurannya…? trima kasih…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 18, 2014

      Tidak perlu diubah, hilangkan kejunya saja. Ikuti bahan sesuai resep, in sya Allah cantik.

  • Reply
    June 24, 2014

    Saya ingin gabung jadi anggota NCC…ya…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 28, 2014

      Halo Juliet, silakan bergabung ke mailing list kami di yahoogroups, linknya ada di menu Join Us. Senang sekali menerima anda, selamat datang!

  • Reply
    June 24, 2014

    Haloo ,aku senang bisa jadi anggota NCC

  • Reply
    anna
    July 10, 2014

    hallo bu fat,salam kenal
    bu,saya baru coba buat lidah kucing,enak tapi tidak beleber dan tidak ngembang….alhasil lidah kucing tipis2 dan tdk berbentuk. saya mengocok pth telur secara terpisah,kira2 penyebabnya apa ya bu? terimakasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 12, 2014

      Biasanya karena mengocok mentega/margarinnya kurang lama atau menyemprotka adonannya kurang banyak.

  • Reply
    July 10, 2014

    halo Bu Fat,sy coba buat kue ini uda sesuai resep tapi hasilnya kok tidak renyah dan ketika dingin jadi lembek…apa apinya kebesaran shngga tidak renyah ya bu…padahal pinggirannya uda coklat..tengahnya lembek…,mohon bantuannya Bu maklum pemula…,thanks Bu…

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 12, 2014

      Betul, apinya kebesaran. Kue kering harus dipanggang di suhu rendah supaya renyah hingga ke dalam.

  • Reply
    Icha
    July 21, 2014

    Halloo Bu, mau tanya,,,
    Kalau memanggang lidah kucing pakai api atas bawah atau?msy pakai oven listrik…
    Tq ;)

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 27, 2014

      Oven listrik biasanya pakai api atas bawah untuk memanggang kue kering. Dicoba saja ya. Kenali oven masing-masing.

  • Reply
    Annisa
    July 26, 2014

    Bu fat, putih telur 75cc itu brp gram ya kira2?

  • Reply
    lili
    August 4, 2014

    Salam kenal bu fat..
    Saya ijin coba resepnya bu..ternyata maknyuss (kejunya saya ganti edam krn cheddar relatif susah)..hanya saja yg saya buat kurang cantik tampilannya (saya ga punya loyang lidah kucing jd hanya loyang biasa dialasi baking paper)..yg saya mau tanya apa jenis keju pengaruh ya bu
    Terimakasih..
    Mhn maaf lahir batin..:)

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 5, 2014

      Jenis keju pengaruh, jadi lebih enak, hehehe. Bentuk yang cantik memang akan terjadi jika menggunakan loyang khusus lidah kucing.

Leave a Comment

Current ye@r *