Jan Hagel

Namanya kok kayak nama kumpeni ya? Hihihi.. cookies belanda ini memang diadaptasi sejak jaman kolonial dulu dan menjadi salah satu yang kerap mengisi toples lebaran maupun hari-hari raya lain di Indonesia. Teksturnya renyah, almondnya gurih. Pakai kenari juga ok. Bikinnya gampiiil banget. Kalau malas mbulet-mbuletin adonan, bikin Jan Hagel sajaaaaa.. *loh panjang*

Jan Hagel

Fatmah Bahalwan

Bahan:

300 gr     mentega/margarin
180 gr     gula halus
2 btr        kuning telur
350 gr     tepung terigu
50 gr       almond slice

1 kuning telur, kocok lepas bersama 1 sdm susu untuk olesan

Cara membuatnya:

  1. Kocok mentega/margarin dan gula halus hingga pucat, masukkan kuning telur, kocok terus sebentar saja. Ayakkan tepung terigu, aduk rata.
  2. Bagi 2 adonan, masukkan ke dalam 2 loyang ukuran 25x35cm yang sudah dialasi kertas baking, gilas, ratakan. Olesi permukaannya dengan campuran kuning telur dan susu, taburi almond slice.
  3. Panggang dalam oven dengan suhu 140 derajat Celsius hingga ½ matang. Keluarkan dari oven,  segera potong-potong bentuk persegi empat, olesi lagi dengan kuning telur, panggang lagi hingga matang.

 

24 Comments

  • Reply
    Biona
    June 17, 2013

    dipanggangnya brp lama ?

  • Reply
    rahma
    July 6, 2013

    Mbak, mau tanya, ketebalan kuker ini (Jan Hagel) karena saya tidak punya loyang 25 x 35cm yang ada hanya loyang 20 x 20
    tq

  • Reply
    July 10, 2013

    mba, untuk telur yg dimasukan ke adonan 2 butir atau 1 butir..??? trims

  • Reply
    Pramudita
    January 30, 2014

    Mbak,aku pake oven kecil nih,jadi gabisa masuk smua adonan nya
    Kalo Sisa adonan nunggu buat di oven ada pengaruh nya gak ya ??

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      February 1, 2014

      Bisa nunggu, dita. Aman. Masukkan kulkas lebih aman, selama mengantri.

  • Reply
    May 22, 2014

    slmt siang bu.. sepertinya ada yang salah dgn adonan jan hagels saya. kok lembek sekali jauh dr kalis ya? trm ksh sebelumnya

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 23, 2014

      Apakah ada instruksi yang mengatakan kalis di atas? Hehehe..

  • Reply
    yara
    June 17, 2014

    Assalamu’alaikum ibu yg baik..
    Sy sdh berkali2 membuat kuker ini. Tp setelah dioven laamaaa tetep lembek. Apa memang spt itu teksturnya? Oia, soal rasa top!
    Mohon dijawab pertanyaanku yaa.. terima kasih.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 19, 2014

      Tekstur kukis ini crispy ketika dingin. Apakah mungkin ibu kurang tipis menggilasnya?

  • Reply
    Fakhri
    June 26, 2014

    bu fatmah, cookies nya kan dipanggang setengah mateng dulu tuh. nah untuk setengah matengnya itu kira-kira berapa lama dan penampakan kukisnya yg setengah mateng itu kaya gimana? *kaya hantu aja penampakan hehe*

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 28, 2014

      Kukis terlihat pucat dan mulai set permukaannya, namun masih empuk.

  • Reply
    Vivid
    July 25, 2014

    Bu Fatma, susu untuk olesan itu susu bubuk, susu cair atau susu kental manis, ya?

  • Reply
    Nevita
    December 23, 2014

    Bu fatma, susu cairnya bisa nggak bikin sendiri pake susu bubuk full cream dancow dicampur air..? Hehehe

  • Reply
    Vidya
    April 18, 2015

    Ibu…

    Makasih banyak, ya… Saya suka sekali. Cuma saya masih belum pandai membuat potongan yg sama dan agak ketebalan. Hasilnya super nikmat dan lembut renyah sekali. Terimakasih berkat ilmu nya, ya. GBU.

  • Reply
    arsya
    June 8, 2015

    Sore ini nyoba. Dan ga bs berhenti ngunyah. Anakku blg bu ini enak bgt hahaha makasiih ya bu

  • Reply
    Diah
    June 21, 2015

    Mba setelah cookies dipotong kemudian dipanggang lagi, disusun tetap rapat dalam loyang atau di beri jarak seperti manggang cookies biasa?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 26, 2015

      Tetap rapat. Nanti setelah matang dan dingin tinggal dipatah-patahkan.

  • Reply
    Acid
    November 15, 2016

    salam kenal bu fatma..
    Maaf mau langsung bertanya, untuk kocok itu menggunakan apa ya bu? apa bisa dimixer
    terima kasih

Leave a Comment