Sagu Keju Cantik nan Membelai Lidah

Bagaimana menghasilkan kue sagu keju yang mudah dispuit dengan halus, tapi bentuknya tetap cantik setelah dipanggang (tidak meleber)?

Campuran mentega, gula dan telur perlu dikocok agak ngembang sekitar 5 menit. Kalau terlalu sebentar dikocok atau tidak dikocok sama sekali (diaduk saja) memang hasilnya agak keras tidak lumer di lidah. Tapi jangan pula dimikser sampai putih, cukup sampai lembut saja. Kalo benar mengocoknya, hasilnya akan lumer dilidah dan bentuknya tetap cantik.

Adonan kue kering, jika terlalu lama dikocok memang akan menghasilkan kuker (kue kering) yg meleber karena terlalu mengembang.

Sagu keju ini tekstur adonan mentahnya agak lunak hingga bisa dibentuk dengan spuit. Hati-hati adonan sering “nyangkut” di spuit. Biasanya yang bikin nyangkut adalah keju parutnya yg masih berbungkah-bungkah. Kalau mau halus, setelah kuning telur masuk adonan, masukan juga keju parutnya. Jadi keju parut ikut dimikser sebentar, sehingga lebih halus. Setelah itu, matikan mikser, baru masukkan sagu dan bahan lainnya, lalu aduk dengan spatula atau sendok kayu.

Sagunya lebih baik kalau disangrai dulu. Hasilnya akan lebih ringan, renyah dan tahan lama karena kadar air dalam tepung sudah diminimalkan. (da)

 

One Comment

Leave a Comment