Carabikang

Aroma wangi khas dari adonan bisa didapatkan dari santan yang dimasak dengan daun jeruk purut. Ingat, cetakan tidak boleh ditutup agar sarang carabikang terbentuk dengan sempurna.

Carabikang

Fatmah Bahalwan

Bahan:
450 gr tepung beras
250 ml air
300 gr gula pasir
600 ml santan panas
1 sdt garam

Cara membuat:

  1. Masak gula pasir dan air hingga gula larut, dinginkan.
  2. Taruh tepung beras dalam wadah, lalu tuangi air gula, aduk hingga rata (menggunakan mixer speed rendah). Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dan ditepuk-tepuk selama lebih kurang 30 menit (dapat menggunakan mikser kecepatan sedang).
  3. Ambil sedikit adonan, bagi 2, beri warna sesuka hati.
  4. Panaskan cetakan carabikang, polesi minyak tipis saja. Tuang adonan putih hingga ¾ penuh. Beri adonan warna masing-masing 1 sdt. Biarkan matang dan berlubang-lubang, angkat dengan cara mencungkil bagian bawah sedemikian rupa sehingga carabikang mekar terbalik.

 

14 Comments

  • Reply
    lea
    February 21, 2013

    mau tanya, sama g si cetakan kue lumpur n bika?thx infonya

    • Reply
      February 21, 2013

      Bisa. Cetakan seperti ini bisa digunakan juga untuk kue lumpur dan bika ambon.
      Happy baking :)

  • Reply
    Nadrah Shahab
    February 21, 2013

    cemilan favorite :D…nga ada matinya. bikin ahhhhh :D

  • Reply
    February 25, 2013

    paling suka bagian nepok nepok adonannya… :P

  • Reply
    Afrilia
    February 27, 2013

    Dimana beli cetakan carabikang. Saya sudah coba praktek di beberapa cetakan tp gagal. terakhir di cetakan lumpur (spt gambar diatas) klo ga salah, gagal. saya pernah baca katanya klo cetakan carabikang itu bawahnya (dasarnya lgsg lengkung,ga datar), bener ga sih?? di Batam susah cari cetakannya

    • Reply
      February 27, 2013

      Afrilia, kalau di Jakarta cetakan Carabikang ini ada di pasar-pasar dan toko bahan kue, seperti toko Loyang, toko Jojo Bintaro, Pasar Senen, dll. Justru cetakan yang bagian bawahnya tebal dan datar panasnya lebih merata dan stabil. Persis kayak di foto deh pokoknya. Memasaknya dengan api kecil saja, jangan ditutup hingga terbentuk lubang-lubang di permukaan, baru boleh ditutup.
      Kayaknya kursus jajan pasar harus segera digalakkan lagi nih :)

  • Reply
    nasya
    March 12, 2013

    Mbak, kalo santannya diganti pake susu, nanti hasilnya bisa berserat nggak ya? karena saya lagi menghindari penggunaan santan. thanks.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 15, 2013

      Kalau pakai susu donk jadinya pancake, hehehe.. Mungkin harus ditambah baking powder untuk membantu terbentuknya serat, but still dia gak jadi Carabikang, jadi pancake :) Carabikang pakainya santan.

  • Reply
    Laela
    April 8, 2013

    Kalo pakai tepung kering bisa nggak ya?

  • Reply
    Nesti
    April 28, 2013

    ” ditepuk-tepuk selama lebih kurang 30 menit (dapat menggunakan mikser kecepatan sedang).”

    Maksdu dari kalimat di atas kok belum terbayang ya…ada yang bisa menjelaskan secara sederhana gambarannya ? terima kasih sebelum dan sesudahnya :)

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 28, 2013

      Hi Nesti,
      Adonan diaduk dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan telapak tangan, kayak nepuk-nepuk pantat bayi :)
      Atau dimikser 30 menit dengan kecepatan sedang.

  • Reply
    adita
    January 28, 2014

    Mbaa santan panas,maksudnya di rebus dulu ya?

Leave a Comment

Current ye@r *